Dispar Sumbar serahkan rencana induk pengembangan Kota Tua

id Kota Tua Padang,Padang Old Town,Padang

Dispar Sumbar serahkan rencana induk pengembangan Kota Tua

Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyerahkan "master plan" pengembangan Kota Tua pada Wali Kota Padang. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Sumatera Barat (Sumbar) menyerahkan master plan atau rencana induk pengembangan Kota Tua sebagai pedoman pengembangan kawasan yang diharapkan menjadi salah satu ikon Kota Padang.

"Kota Tua ini menyimpan banyak sejarah yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata. Rencana induk itu diharapkan bisa menjadi pedoman," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi di Padang, Rabu, usai sosialisasi perencanaan pengembangan Kota Tua di Padang.

Menurut Mahyeldi, rencana pengembangan kawasan itu sebelumnya sudah pernah dibahas dengan skala yang lebih luas yaitu Kawasan Wisata Gunung Padang yang meliputi Gunung Padang, Kota Tua, dan Pantai Padang.

"Kami mencoba mengintegrasikan tiga destinasi ini menjadi satu kesatuan sehingga wisatawan bisa mendapatkan pengalaman lebih lengkap saat berwisata," katanya.

Rencana induk yang dibuat saat ini, menurutnya, lebih spesifik untuk pengembangan Kota Tua sehingga arahnya lebih jelas.

Sementara itu Wali Kota Padang Hendri Septa menyebut rencana induk Kota Tua itu sesuai dengan visi dan misinya untuk pengembangan pariwisata di Padang.

"Dengan adanya master plan ini, pengembangan ke depan sudah jelas arahnya. Diharapkan setiap tahun terlihat progres pengembangannya," kata Hendri Septa.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda menambahkan pembuatan rencana induk itu dilakukan dengan dukungan anggota DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman yang peduli dengan kondisi Kota Tua saat ini.

"Ini juga sesuai dengan visi misi gubernur untuk menciptakan destinasi berskala dunia," ujar Luhur Budianda.

Ia berharap ke depan Kota Tua Padang bisa menjadi salah satu destinasi unggulan untuk menarik wisatawan datang ke Sumbar.