Pemkab Agam alokasikan dana Rp1,15 miliar PPG bagi 231 guru

id Pemkab Agam,Bupati Agam Andri Warman,Berita agam,Berita sumbar

Pemkab Agam alokasikan dana Rp1,15 miliar PPG bagi 231 guru

Bupati Agam Andri Warman. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menganggarkan dana Rp1,15 miliar untuk Pendidikan Profesi Guru (PPG) pada 2024 bagi 231 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan sumber daya manusia tenaga pendidikan.

Bupati Agam Andri Warman di Lubuk Basung, Minggu, mengatakan dana Rp1,15 miliar itu untuk 231 guru PAI dan masing-masingnya Rp5 juta.

"Ini sesuai dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang telah kit tandatangani," katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Agam bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Sjech M Djamil Djambek Agam-Bukittinggi untuk profesi guru tersebut.

Ini bentuk komitmen dalam meningkatkan sumber daya manusia guru, dalam melahirkan generasi yang berkarakter ke depan.

“Dengan diusulkannya guru PAI mengikuti PPG ini, tentu kita berharap mutu pendidikan agama semakin baik dan berkualitas di Kabupaten Agam,” katanya.

Ia mengatakan, pengembangan agama Islam menjadi salah satu sektor pendidikan yang tengah dikembangkan di Agam.

Untuk itu, ia berupaya bagaimana sumber daya manusia guru PAI maupun lainnya meningkat, sehingga pendidikan di Agam lebih berkualitas.

Pendidikan Profesi Guru ini syarat bagi guru untuk mendapatkan sertifikasi yang diikuti guru agama tingkatan SD dan SMP, baik berstatus ASN maupun non ASN.

Informasi dari LPTK UIN Sjech M Djamil Djambek, guru PAI dari Agam paling banyak mengikuti PPG dari beberapa daerah lain, bahkan tingkat kelulusan untuk tahap pertama mencapai 89 persen.