Gebyar talago biru Atar peragakan 1000 rantang

id gebyar talago biru ,Berita Tanah Datar,Berita sumbar,event di Tanah Datar

Gebyar talago biru Atar peragakan 1000 rantang

Gebyar talago biru Atar, Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar peragakan 1000 rantang (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Perhelatan gebyar talago biru yang kedua di Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar tampilkan 1000 "siya" atau rantang yang dijinjing oleh masyarakat setempat.

Membawa siya rantang merupakan suatu tradisi bagi masyarakat Atar disetiap perhelatan baralek (kenduri) yang ada di nagari itu.

"Seperti baralek khatam Al-Qur'an, sunat rasul atau khitanan, baralek pernikahan dan baralek adat lainnya yang ada di Nagari Atar," kata Ketua Pelaksana Gebyar Talago Biru Atar, di Batusangkar Sabtu.

Dia mengatakan, gebyar talago biru Atar ke dua dilaksanakan selama dua hari dimulai pada Sabtu, 2-3 September 2023 dengan menampilkan sejumlah atraksi budaya.

Seperti kesenian randai, sholawat dulang, lomba berenang dengan menggunakan sebatang bambu atau disebut dengan pacu ondang, dan permainan anak nagari lainnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan Nagari Atar salah satu nagari yang konsisten dalam pelaksanaan satu nagari satu event di Tanah Datar.

"Alhamdulillah setelah sukses pada pelaksanaan tahun lalu, dan lanjut pada hari ini dengan tema 1000 siya. Ini bukti bahwa masyarakat Nagari Atar serius mempromosikan objek wisata dan budaya di daerahnya," kata Bupati.

Bupati mengatakan, melalui event gebyar talago biru akan memberikan multiplier effect bagi nagari dan juga masyarakat di Nagari Atar.

Nagari dan berbagai potensi yang ada di seperti talago biru akan dikenal banyak orang sehingga banyak dikunjungi wisatawan.

"Tentunya apa yang kita harapkan ini juga perlu didukung oleh sarana dan prasarana serta keramah-tamahan. Jika kita ramah akan memberikan kenyamanan bagi setiap tamu yang datang, jika mereka nyaman mereka akan balik lagi ke nagari kita," kata dia.