Wako Fadly Amran raih penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia

id Wako Fadly Amran,penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia,Pemkot Padang Panjang

Wako Fadly Amran raih penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia

Wako Fadly Amran raih penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia

Padang Panjang (ANTARA) - Berperan Kembangkan Digitalisasi, Walikota Padang Panjang, Sumatera Barat, Fadly Amran, bersama Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Sutiaji (Wali Kota Malang), dr. Khairul (Wali Kota Tarakan), M. Ramdhan Pomanto (Wali Kota Makassar), Selasa (29/8) malam, di Ballroom Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, menerima penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia yang digagas Majalah Tempo.

Penghargaan Kategori Pengembangan Digitalisasi ini sekaligus menjadi sebuah pengakuan kepada Pemkot Padang Panjang yang dinilai mampu mewujudkan smart city. Dengan pengembangan teknologi informasi dan digitalisasi yang diaplikasikan sebagai inovasi pelayanan terhadap warga kota.

Wako Fadly Amran, menyebutkan digitalisasi menjadi sebuah keniscayaan. Sejumlah transaksi bisnis memiliki pilihan pembayaran secara cashless. Inilah yang menarik perhatian masyarakat. Di sisi lain, penerapan sistem pembayaran secara cashless oleh Pemkot karena berbagai kemudahan yang diberikan.

“Semua capaian ini tidak terlepas dari berbagai perbaikan yang telah dilakukan dalam aspek pelayanan pemerintahan. Seperti penerapan Smart City dengan pemberlakuan layanan-layanan online dan berbasis aplikasi,” kata dia.

Adapun pengembangan digitalisasi yang didorong Wako Fadly Amran, di antaranya pembayaran cashless Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan (PBB P2), Smart Payment di sejumlah objek wisata, penerapan tanda tangan digital, layanan perizinan online, administrasi kependudukan online, sistem pengaduan online, elektronifikasi transaksi Pemerintahan Daerah (cashless). Termasuk peningkatan transparansi, akuntabilitas dan komitmen untuk menjadi kota berintegritas yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Direktur Utama Tempo, Arif Zulkifli mengatakan, misi Tempo bukan sekadar akurasi berita, tapi tolak ukur Pemerintah Daerah menghadapi berbagai tantangan.

"Pemerintah Daerah merupakan garda terdepan pelayanan publik sampai ke wilayah terkecil, pelayan yang langsung dirasakan warganya. Sejak itu Tempo terus memantau. Tempo media yang concern terhadap isu daerah,” sebut dia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang hadir sebagai keynote speaker mengapresiasi penganugerahan yang digelar Tempo.

"Kegiatan ini, sangat berhubungan dengan Kemendagri yang memiliki fungsi pembinaan dan pengawasan terhadap pemerintah daerah," sebut Mendagri.