Raih Penghargaan ADWI 2023, desa wisata Kubu Gadang Kategori desa wisata maju

id desa wisata Kubu Gadang,ADWI 2023 ,Berita padang panjang,Berita sumbar

Raih Penghargaan ADWI 2023, desa wisata Kubu Gadang Kategori desa wisata maju

Raih Penghargaan ADWI 2023, desa wisata Kubu Gadang Kategori desa wisata maju

Padang Panjang (ANTARA) - Desa Wisata Kubu Gadang, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, raih penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 bahkan masuk Kategori Desa Wisata Maju yang merupakan kategori tertinggi tahun ini di ADWI 2023.

Desa wisata Kubu Gadang, masuk sebagai 75 desa wisata terbaik secara nasional dan delapan besar sebagai juara harapan.

Penghargaan ADWI 2023 diserahkan Wakil Menteri Parekraf, Angela Tanoesoedibjo kepada Pengelola Desa Wisata Kubu Gadang, Yuliza Zen, Minggu (27/8) malam di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Walikota Padang Panjang, Fadly Amran atas prestasi Desa Wisata Kubu Gadang, menyebutkan prestasi ini diraih dengan tahapan yang sangat ketat dan tidak mudah. Dari total 4.573 desa wisata Indonesia, terkurasi sebanyak 500 besar kemudian menjadi 75 besar.

“Selamat kepada Kubu Gadang. Semoga penghargaan ADWI makin memacu semangat masyarakat dan seluruh stakeholdernya memajukan desa wisata ini. Ke depan, bisa mengangkatnya sebagai destinasi wisata berkelas dunia, berdaya saing global dan berkelanjutan,” kata Fadly.

Dia menjelaskan desa wisata dapat menjadi daya tarik pariwisata Indonesia. Sehingga, dapat meningkatkan perekonomian desa, sekaligus menstimulasi kolaborasi antarunsur pentahelix (akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media) demi kemajuan desa wisata.

Sementara itu Yuliza Zen, mengatakan keberhasilan Desa Wisata Kubu Gadang tidak terlepas atas dukungan Pemkot Padang Panjang, Pemprov Sumbar dan semua pihak yang telah mendukung Kubu Gadang.

“Terima kasih kepada Pemko yang selalu men-support Kubu Gadang. Alhamdulillah berkat kolaborasi yang terjalin selama ini, Kubu Gadang meraih penghargaan ADWI kategori tertinggi tahun ini. Ini adalah penghargaan untuk Kota Padang Panjang dan kemajuan kita bersama,” ujar Yuliza Zen.

Sebelumnya, Menteri Parekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, ADWI memasuki tahun ketiga digelar dengan tema Desa Wisata Berkelas Dunia untuk Indonesia Bangkit.

“Jadi level kita bukan hanya nasional tapi internasional. Desa wisata membuat semua kita mengetahui bahwa di sekitar kita memiliki daya tarik yang luar biasa. Dan ini pengukur penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024,” ujar dia.

Malam Puncak ADWI 2023 dihadiri Walikota Fadly Amran, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Porapar), Drs. Maiharman, Lurah Ekor Lubuk, Akbar Syah, S.H dan pejabat terkait. (*)