Meriah, Sabar AS ikut lomba makan kerupuk bersama warga Simaroken Rao

id Sabar AS ,Berita pasaman,Berita sumbar

Meriah, Sabar AS ikut lomba makan kerupuk bersama warga Simaroken Rao

Lomba HUT RI ke-78 di Kampuang Simaroken Jorong 9 Pancahan, Nagari Tarung Tarung Selatan Rao, Sabtu (19/8/2023) kemarin.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Berbaur dengan warga, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS hadiri pembukaan lomba HUT RI ke-78 di Kampuang Simaroken Jorong 9 Pancahan, Nagari Tarung Tarung Selatan Rao, Sabtu (19/8) kemarin.

Kampung Simaroken hadir ramai dengan kedatangan Wabup Pasaman Sabar AS, sosok pemimpin yang mereka kenal ramah, santun dan merakyat.

Sabar AS dalam pidato pembukaan lomba lomba HUT RI tersebut, memberikan apresiasi tinggi atas kekompakan dan persatuan yang ditunjukkan oleh Pemuda Kampung Simaroken.

Ia juga menyampaikan, bahwa kemajuan informasi teknologi saat ini banyak memberikan efek positif dan maupun efek negatif. Efek negatif akan menimbulkan dampak buruk jika tidak siap menghadapi kemajuan teknologi dan arus globalisasi.

"Tantangan arus globalisasi seperti narkoba, kenakalan remaja, pergaulan bebas, LGBT dan sebagainya tidak bisa diratapi saja tetapi diatasi dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat, kegiatan-kegiatan yang positif, mengisi waktu dengan kegiatan yang positif yaitu satunya dengan pelaksanaan kegiatan olah raga, kegiatan keagaman serta kegiatan seni tradisi budaya," ungkap Sabar AS.

Selanjutnya Sabar AS menyampaikan bahwa Pemda Pasaman sedang giat-giatnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam upaya memajukan Pasaman, yang antara lain.

Pertama Program “Pasaman berimtaq” dengan harapan agar masyarakat Pasaman memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT melalui Gerakan magrib mengaji, gerakan tahfiz yang menjadikan genarasi muda sholeh dan sholehah sebagai penghafal alqur'an akan mendapatkan mahkota di akhirat nantinya dan di dunia bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dengan jalur prestasi bahkan sampai perguruan tinggi.

Adapun informasi, Pasaman pada tanggal 23 Agustus 2023 nantinya akan menyelenggarakan wisuda Tahfizh Akbar di halaman Kantor Bupati yang berjumlah Sebanyak 1.606 orang. Selanjutnya Gerakan Subuh berjamaah dan thaharah mesjid dengan tujuan memakmurkan mesjid, Gerakan praktek kebiasaan berimtaq di Sekolah.

Kedua Program “Pasaman cerdas”, kegiatan ini dengan menggratiskan SPP kepada siswa sampai ke jenjang SLTA dengan program wajib belajar 12 tahun, harapan tidak ada lagi usia anak sekolah yang putus sekolah.

Pemda Pasaman merencanakan akan menyediakan anggaran sebesar 1 milyar untuk Beasiswa sampai ke perguruan tinggi sebagai bakti komitmen dan perhatian Pemda Pasaman dalam meningkatkan kualitas SDM.

Ketiga Perogram “Pasaman sehat”, Pemda Pasaman menyediakan anggaran sebesar 40 milyar untuk menjamin kesehatan masyarakat Pasaman, tidak ada lagi masyarakat yang tidak terlindungi oleh BPJS Kesehatan.

Cukup dengan memperlihatkan KTP atau KK masyarakat sudah mendapatkan pelayanan kesehatan agar meningkatnya derajat kesehatan masyarakat.

Pemda Pasaman hadir dalam meringankan beban rakyat ditengah kondisi kesusahan yang dirasakan oleh rakyat.

Hal ini akan berkontribusi terhadap upaya peningkatan IPM (Indek Pembangunan Manusia) Pasaman dalam terwudnya masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat.

"Saya berharap kepada seluruh pemuda untuk melaksanakan kegiatan positif dalam rangka perayaan 17 Agustus, yang nanti kita harapkan difollow up dengan terlaksana nya kegiatan Wirid Remaja Masjid guna pembinaan generasi muda secara berkelanjutan agar menjadi generasi unggul dan berdaya saing. Melalui Remaja mesjid dapat mengatasi kondisi perkembangan pekat, mengatasi ancaman kerusakan generasi muda, dengan peningkatan nilai-nilai keagamaan maupun kualitas Imtaq. Begitu juga kegiatan olah raga terus dilaksanakan baik berupa turnamen dan sebagainya serta kegiatan seni tradisi budaya, sehingga dengan cara itu InsyaAllah dapat membentengi generasi muda, meningkatkan kualitas SDM, menjadi generasi unggul yang berdaya saing dimasa depan, generasi yang bisa menjadi estafet kepemimpinan umat dan bangsa. Merdeka, Merdeka," tegas Sabar AS.

Sabar AS juga dengan antusiasnya mengikuti salah satu perlombaan, yakni lomba makan kerupuk barsama OPD dan tokoh masyarakat dan diakhiri dengan pelaksanaan foto bersama.