Tim Pemprov Sumbar tundukkan PS AD 032 WB dalam Final Gubernur Cup I

id Gubernur Cup I 2023

Tim Pemprov Sumbar tundukkan PS AD 032 WB dalam Final Gubernur Cup I

Tim Pemprov Sumbar berhasil meraih juara I pada Gubernur Cup I 2023 setelah menundukkan Tim PS AD 032 WB dengan skor 3-2. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat keluar sebagai juara I pada Turnamen Sepakbola Piala Gubernur Cup I 2023 setelah menundukkan Tim PS AD 032 WB 3-2 dalam laga final yang digelar di GOR H Agus Salim Padang, Selasa.

Pertandingan kedua tim berlangsung sengit sejak menit awal. Apalagi Tim Pemprov Sumbar berhasil membukukan gol cepat pada menit kedua babak pertama lewat pemain nomor punggung 19, Ferdinal Yandri.

Sempat tertekan pada menit awal, PS AD 032 WB berhasil membalas pada menit 27 melalui tendangan pemain nomor punggung 11 Riko Sasatra.

Skor 1-1 itu tidak bertahan lama. Satu menit berselang, Tim Pemprov Sumbar kembali unggul 2-1, lagi-lagi melalui sepakan Ferdinal Yandri. Skor itu bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, tensi permainan mulai menurun. Tim Pemprov Sumbar melakukan beberapa pergantian pemain. Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy masuk disambut tepuk tangan penonton.

Pemprov Sumbar kembali menambah keunggulan akibat gol bunuh diri pemain PS AD 032 WB. Sementara gol tambahan dari PS AD 032 WB datang pada menit ke 58 melalui pemain nomor punggung 19 atas nama A. Fadli. Hingga peluit panjang ditiup wasit skor 3-2 tetap bertahan untuk kemenangan Pemprov Sumbar.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi usai pertandingan menyebut Turnamen Sepak Bola Gubernur Cup I itu adalah salah satu rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-78 RI.

Selain itu juga untuk mempererat silaturahmi antara Pemprov Sumbar dan instansi lain. "Ini akan menjadi agenda tahunan. Jika tahun ini hanya 17 tim yang berlaga, maka tahun depan kita upayakan 32 tim," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon mengatakan pada turnamen I yang digelar 7-15 Agustus 2023 itu sebenarnya banyak instansi yang ingin ikut bertanding. Namun karena waktu yang tidak memungkinkan, turnamen digelar dengan 17 peserta.

Peserta itu diantaranya Tim yang ikut dalam turnamen itu masing-masing dari Pemprov Sumbar, Polda Sumbar, Semen Padang, UNP, Bank Nagari, Kejaksaan Tinggi, PWI dan Korem WRB 032.

Kemudian, Sakato FC, Pemko Solok, Universitas Andalas, Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia, Lantamal II Teluk Bayur, PLN Wilayah Sumbar, Lanud Sutan Syahrir Padang, Pengkab Sijunjung dan Pemkot Sawahlunto.

Tim Polda Sumbar berhasil meraih peringkat III dalam turnamen ini diikuti Tim Pamko Sawahlunto pada harapan I. *