Refly Harun hingga Gatot Nurmantyo hadir di Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam

id Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam,Refly Harun,Gatot Bramantyo,Berita tanah datar,Berita sumbar

Refly Harun hingga Gatot Nurmantyo hadir di Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam

Pakar Hukum Tatanegara Refly Harun saat memberikan sambutan pada acara Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar Sabtu, (17/6) (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Pelaksanaan program unggulan satu nagari satu event di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dihadiri sejumlah tokoh nasional.

Diantaranya Purnawirawan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang juga mantan Panglima TNI, Prof Hafidz Abbas Mantan Ketua Komnasham RI, Pakar Hukum Tatanegara Prof. Refly Harun, Bakhtiar Hamsah mantan Menteri Sosial RI.

Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batu Bulek Sabtu, mengatakan mengucapkan selamat datang kepada tokoh nasional RI tersebut yang telah berkesempatan hadir pada Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam.

Dia minta masukan dan saran terkait potensi yang dimiliki Tanah Datar hingga Kabupaten Tanah Datar semakin terkenal lagi kedepannya.

"Selamat datang pak di Tanah Datar, kami mohon masukan dan saran dari bapak kedepannya, sehingga Tanah Datar viral diseluruh dunia," kata dia.

Bupati menjelaskan, pelaksanaan satu nagari satu event merupakan program unggulan dan upaya pemerintah daerah dalam menggali potensi yang dimiliki di Nagari tersebut.

Baik potensi alamnya, budaya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kesenian hingga berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat.

"Untuk di Nagari Batu Bulek ini khususnya Puncak Pato memiliki nilai sejarah, yang merupakan asal terjadinya falsafah di Minangkabau Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah," jelasnya.

Sementara itu Pakar Hukum Tatanegara RI Refly Harun menyampaikan banyak potensi yang dimiliki Tanah Datar yang bisa dikembangkan, salah satunya nilai cerita yang terkandung di Bukik Marapalam.

Dia mencontohkan, sebuah tempat di Inggris yang tempat itu hanya sebatas garis namun memiliki cerita yang luar biasa dan itu dikenal di seluruh Inggris.

"Sementara kita khususnya di Sumatera Barat yang dikenal dengan potensi alam yang luar biasa namun ceritanya kurang dikenal," kata dia.