Wali Kota Padang targetkan pendapatan asli daerah Rp800 miliar di 2023

id Padang,Pendapatan Daerah,Sumbar,pad padang,berita padang,berita sumbar,walikota padang

Wali Kota Padang targetkan pendapatan asli daerah Rp800 miliar di 2023

Wali Kota Padang, Sumatera Barat Hendri Septa (ANTARA/Melani)

Padang (ANTARA) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Hendri Septa menargetkan pendapatan asli daerah di kota berpenduduk sekitar 900 ribu jiwa itu mencapai Rp800 miliar pada 2023.

"Pada 2022 pendapatan asli daerah Kota Padang mencapai Rp700 miliar lebih dan kami targetkan naik di tahun ini," kata dia di Padang, Selasa.

Menurut dia dalam mencapai itu Pemkot Padang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang memaksimalkan penggunaan alat perekam transaksi atau tapping box di seluruh tempat-tempat usaha yang ada di Kota Padang.

"Saat ini sudah ada 400 tapping box yang tersebar di Kota Padang dan kita terus menambah hingga nanti berjumlah 800 unit. Sebenarnya jika di angka 600 unit itu sudah bagus," kata dia.

Menurut dia penggunaan tapping box ini membuat transaksi menjadi lebih terarah dan menjadi lebih baik. Selain itu semua transaksi yang terjadi dapat terekam dengan baik dan ada bukti autentik. "Kami akan perbanyak dan ini harus dilakukan agar semua transaksi dilakukan secara digital," kata dia.

Selain itu pencapaian target pendapatan daerah ini juga bergantung kepada kemauan pelaku usaha di Kota Padang dalam membayarkan pajak dari usaha yang mereka jalankan.

"Kami cukup realistis dan menargetkan pendapatan daerah tahun ini naik Rp100 miliar dari tahun lalu," kata dia.

Wako Padang Hendri Septa menambahkan keinginan meningkatkan pendapatan daerah sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri yang mendorong daerah untuk berdikari, berdiri di atas kaki sendiri dan tidak bergantung penuh kepada pusat.

"Kami terus melakukan sinergi dengan pusat dan akan mencoba berdikari dengan kewenangan yang ada di daerah untuk menyejahterakan masyarakat Kota Padang," kata dia.