Gubernur ajak masyarakat Sumatera Barat nonton Film Buya Hamka

id film buya hamka,gubernur sumatera barat,gubernur mahyeldi,masyarakat sumatera barat,perantau sumatera barat,ulama sumate,padang

Gubernur ajak masyarakat Sumatera Barat nonton Film Buya Hamka

Gubernur Sumbar, Mahyeldi boyong keluarga nonton Film Buya Hamka. (ANTARA/Dok Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mengajak masyarakat daerah itu yang ada di kampung halaman maupun di perantauan untuk menonton Film Buya Hamka yang menceritakan perjuangan tokoh besar asal daerah itu untuk Indonesia.

"Film Buya Hamka ini merupakan film biografi yang menceritakan tentang kisah hidup Buya Hamka, sosok ulama kelahiran Sumbar. Melalui film ini masyarakat bisa mengetahui perjuangan tokoh asal daerahnya," kata Gubernur Mahyeldi di Padang, Kamis.

Ia mengatakan film ini juga memperlihatkan bagaimana peran masyarakat Minangkabau dalam memperjuangkan kemerdekaan RI dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena itu masyarakat Sumbar harus menontonnya.

Menurutnya, banyak hal yang bisa diambil pelajaran dari sosok Buya Hamka, seperti nilai-nilai religius yang ada dalam dirinya, nasionalismenya, dan pengorbanannya.

“Dalam diri Buya Hamka menyatu antara spiritual, nasionalisme, dan pengorbanan. Dengan menonton film ini, semua yang dialami dalam diri Buya Hamka diketahui banyak orang. Buya Hamka menghadapi tantangan dan cemooh yang luar biasa. Begitulah sesuatu yang dialami seorang tokoh dan pemimpin,” ujarnya.

Menurutnya, pengorbanan Buya Hamka cukup banyak untuk bangsa dan negara Indonesia serta umat. Buya Hamka mengorbankan dirinya agar ulama di Indonesia tetap berdakwah, meski bangsa dan negara dijajah oleh Belanda dan Jepang waktu itu.

Melalui film ini juga bisa diikuti bagaimana nilai-nilai romantisme yang dibangun Buya Hamka dalam rumah tangga.

“Karena Buya Hamka seorang sastrawan dan seniman, sehingga dalam rumah tangga terbangun romantisme hubungan suami dan istri. Ini bisa jadi cerminan bagi keluarga sekarang ini untuk membangun komunikasi antara suami dan istri. Buya Hamka merawat nilai-nilai semangat dan keutuhan rumah tangga,” ungkapnya.

Gubernur Mahyeldi juga mengajak sekolah-sekolah agar menonton film ini untuk mendorong dan menanamkan nilai-nilai luhur kepada generasi muda. Film itu juga untuk semua umur dan sudah melalui pengawasan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Buya Hamka ini tokoh dari Sumbar. Harus banyak pelajaran di sekolah sekolah yang mengulas nilai-nilai perjuangan tokoh-tokoh Sumbar,” katanya.

Sebelumnya dalam suasana Lebaran Gubernur Sumbar, Mahyeldi memboyong keluarganya, kepala OPD dan keluarga untuk menikmati pemutaran perdana film Buya Hamka di XXI Transmart Padang, Rabu (26/4).

Mahyeldi hadir di Studio 2 XXI bersama Istri, Harneli Bahar, dan anak-anaknya. Selain Mahyeldi juga hadir Wakil Gubernur (Wagub) Audy Joinaldy bersama Istri Fitria Amalia Umar, Kepala OPD Pemprov Sumbar bersama keluarga masing-masing.

Film Buya Hamka disutradarai oleh Fajar Bustomi. Film ini dibintangi sejumlah aktor dan aktris ternama Vino G Bastian sebagai Buya Hamka, Laudya Cynthia Bella sebagai Siti Raham, Mawar de Jongh sebagai Kulsum.

Juga ada nama Mellya Baskarani sebagai Aminah, Yoriko Angeline sebagai Ola, Novita Hardini sebagai Fatimah, Anjasmara sebagai Ir. Soekarno dan banyak lagi yang lainnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur ajak masyarakat dan perantau Sumbar nonton Film Buya Hamka