Angkasa Pura II perkirakan puncak mudik ke Sumbar hingga Kamis

id Kedatangan pemudik, lebaran 2023, arus mudik,Bandara internasional Minangkabau

Angkasa Pura II perkirakan puncak mudik ke Sumbar hingga Kamis

Sejumlah masyarakat menanti kedatangan pemudik di pintu kedatangan Bandara Internasional Minangkabau, Rabu (19/4/2023). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau (BIM) memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2023 ke Provinsi Sumatera Barat terjadi hingga Kamis (20/4).

"Puncak arus mudik ke Sumbar kami perkirakan hari ini dan besok (20/4)," kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Siswanto di Kabupaten Padang Pariaman, Rabu.

Ia memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 1444 Hijriah tersebut dipengaruhi cuti bersama aparatur sipil negara (ASN) maupun pihak swasta sudah dimulai pada Rabu ini.

"Jadi, perkiraan Angkasa Pura II arus mudik Lebaran akan masih hingga besok (20/4)," ujarnya.

Hingga Rabu siang, pihak Angkasa Pura II mencatat penerbangan tambahan yang dilakukan beberapa maskapai sebanyak 16 penerbangan. Pada hari biasanya, jadwal penerbangan normal dari dan ke BIM rata-rata 45 hingga 50 kali.

Namun, katanya, khusus Rabu atau H-3 Lebaran 80 kali penerbangan dari berbagai daerah. Artinya, terdapat kenaikan sekitar 30 hingga 40 persen jika dibandingkan hari biasanya.

Khusus penerbangan internasional, Angkasa Pura II mencatat belum ada penerbangan ekstra, dan masih normal seperti hari biasanya. Pada umumnya, penerbangan internasional tersebut masih dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Bandara Internasional Minangkabau.

Jika dibandingkan antara pemudik yang datang dan meninggalkan BIM, katanya, pada umumnya masih didominasi angka kedatangan.

"Persentasenya 65 persen kedatangan dan 35 persen pemudik yang meninggalkan BIM," ujarnya.