Polisi: Pemudik gunakan kendaraan pribadi ke Pasaman Barat mulai ramai

id Kendaraan pemudik mulai ramai

Polisi: Pemudik gunakan kendaraan pribadi ke Pasaman Barat mulai ramai

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto meninjau pos pelayanan Lebaran 2024 di Kinali dalam rangka memberikan semangat kepada personel dam rasa aman bagi masyarakat, Selasa (9/4/2024). Antara//HO-Bagian Ops Polres Pasaman Barat. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), menyebutkan arus kendaraan pemudik yang masuk ke wilayah itu mulai ramai sejak Selasa (9/4) pagi.

"Arus kendaraan pemudik yang melewati jalan lintas Manggopoh terpantau sejak pagi hari ini mulai ramai dan masih lancar," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto melalui Kepala Bagian Ops Kompol Muzhendra di Simpang Empat, Selasa.

Menurutnya, kendaraan pemudik yang masuk ke wilayah Pasaman Barat didominasi oleh kendaraan pribadi dari Jawa dan kota-kota lainnya di Sumatera seperti Medan dan Pekan Baru.

"Pemudik mulai ramai Selasa pagi dan diperkirakan akan bertambah ramai hingga malam," ujarnya.

Untuk antisipasi kemacetan, terutama di pasar tumpah dan pasar dadakan, maka sejumlah personel ditempatkan di lokasi itu.

Adapun lokasi yang rawan terjadi kemacetan adalah Pasar Kinali, Batang Toman, Batang Haluan, sampai ke Bundaran Simpang Empat serta di Pasar Ujung Gading.

Kepada para pemudik yang melintas di wilayah itu diimbau agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas, serta mengikuti rambu-rambu lalu lintas yang ada untuk keselamatan bersama.

"Mungkin para pemudik ini ingin sampai ke tujuan di kampung halamannya dengan cepat, namun dalam perjalanan kita harus melihat situasi dulu, kalau tidak memungkinkan biarlah lambat asal selamat," ujarnya.

Dia mengimbau pemudik yang akan menuju Pasaman Barat maupun kabupaten/kota yang kelelahan dapat beristirahat pada rest area di empat pos pelayanan yang didirikan untuk beristirahat sejenak.

Adapun empat pos pelayanan yang didirikan adalah di Kinali, Bundaran Simpang Empat Kecamatan Pasaman, Jembatan Panjang Kajai Kecamatan Talamau, dan Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang.

Sedangkan untuk pos pengamanan didirikan di objek wisata Pantai Sasak, Pantai Sikabau Kecamatan Koto Balingka dan di Pantai Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas.