Ini delapan bakal calon anggota DPD yang dinyatakan lulus verifikasi administrasi perbaikan

id Sumbar,KPU Sumbar,Padang,calon anggota dpd RI,berita sumbar,berita padang,berita antara terkini

Ini delapan bakal calon anggota DPD yang dinyatakan lulus verifikasi administrasi perbaikan

Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani (ANTARA/HO KPU Sumbar)

Padang, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menetapkan delapan bakal calon anggota DPD RI daerah pemilihan provinsi itu dinyatakan lulus verifikasi administrasi perbaikan tahap II.

Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani di Padang, Senin mengatakan delapan bakal calon dinyatakan lulus dan akan diambil sampel untuk verifikasi faktual kedua.

Delapan bacalon DPD RI Sumbar yang baru dinyatakan lulus tahapan verifikasi administrasi perbaikan tahap II yaitu Abdul Aziz, Arif Yumardi, Hendra Irwan Rahim, Irfendi Arbi, Jhoni Afrizal, Nasta Oktavian, Rifo Darma Saputra dan Yong Hendri.

Selanjutnya KPU Sumbar akan merekap dan mengambil lagi sampel yang baru diserahkan. Setelah itu dilakukan verifikasi faktual untuk perbaikan.

Ia mengatakan KPU akan menjalankan tahapan pengambilan sampel verifikasi faktual terhadap delapan bakal calon DPD Sumbar dan nantinya dinyatakan memenuhi syarat atau tidaknya.

Ia menyebutkan saat ini sudah ada 12 bacalon lainnya yang sudah memenuhi syarat.

KPU Sumbar dan jajaran di kabupaten dan kota akan kembali turun melakukan verifikasi faktual yang dilaksanakan pada 26 Maret hingga 8 April 2023. Setelah itu baru dapat dipastikan siapa bakal calon yang dapat melaju sebagai kontestan dalam Pemilu 2024.

”Tahap berikutnya yaitu verifikasi faktual. Kalau nanti tahap kedua ini mereka bisa memenuhi proyeksi tingkat kelulusan masing-masing maka mereka dinyatakan memenuhi syarat. Jika tidak terpenuhi mereka gagal sebagai calon," kata dia

Sebelumnya KPU Sumbar menyatakan 12 bakal calon memenuhi syarat berdasarkan pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual syarat dukungan minimal pemilih tahap kesatu Rabu (1/3)

Sebanyak 13 bakal calon dinyatakan memenuhi syarat minimal dukungan yakni, Cerint Iralloza Tasya, Desrio Putra, Dirri Uzhzhulam, Emma Yohanna, Irman Gusman, Jelita Donal, Leonardy Harmainy, Mevrizal, Muslim M Yatim, Nurkholis, Yonder WF Alvarent, dan Yuri Hadiah.

Sebanyak 12 orang bakal calon yang dinyatakan memenuhi syarat ini menunggu tahapan pendaftaran sebagai calon DPD RI dapil Sumbar yang dimulai pada 1 Mei 2023 mendatang.