Sisakan dua tahapan Pemilu, KPU Padang Panjang selesai rekrut PPK

id KPU Padang Panjang,berita padang panjang

Sisakan dua tahapan Pemilu, KPU Padang Panjang selesai rekrut PPK

Komisoner KPU Masnaidi, beberkan tahapan lanjutan seleksi PPK dan PPS untuk pemilihan nasional serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota 2024. (ANTARA/ Isril)

Padang Panjang (ANTARA) - Hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang, masih menunggu jadwal dari KPU RI untuk penetapan dan pelantikan anggota DPRD Kota Padang Panjang hasil pemilu 2024. Hal itu di katakan Ketua KPU Puliandri, Selasa 30/3.

“KPU masih harus menyelesaikan dua tahapan pemilu yang masih tersisa, diantaranya penetapan dan pelantikan anggota DPRD Kota Padang Panjang terpilih hasil pemilu 2024 lalu,” kata Puliandri.

Beriringan dengan itu KPU Padang Panjang saat ini juga melaksanakan tahapan pemilihan nasional serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota 2024.

“Tahapan yang sedang berjalan saat ini adalah rekrutmen badan AdHoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sedang berlangsung dan berlanjut dengan rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan,” kata dia.

Komisoner KPU Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Masnaidi, menjelaskan tahapan rekrutmen badan adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah berakhir Senin malam (29/4) untuk penerimaan berkas pendaftaran calon PPK.

“Selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi hingga 3 Mai mendatang dan hasil seleksi tertulis calon anggota PPK akan diumumkan pada 9-10 Mei.” ungkap Masnaidi.

Ia menjelaskan, hingga Senin malam (29/4) tercatat sebanyak 127 orang yang mendaftarkan akunnya di Sistim Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (Siakba) dan untuk memberikan kemudahan bagi pendaftar, KPU Padang Panjang juga memfasilitasi melalui Helpdesk untuk memberikan pelayanan bagi calon pedaftar untuk melakukan cara registrasi, pendaftaran dan cara pengiriman berkas pendaftaran.

“Dari verifikasi yang dilakukan 127 yang mendaftarkan akunnya, hanya 79 orang yang mengirimkan berkas, 8 orang membuat biodata, 30 orang upload data. Jika hanya buat belum bisa diterima,” jelas Masnaidi.

Menurut Masnaidi, dari awal jadwal pendaftaran hingga berakhir Senin malam, KPU Padang Panjang tidak memperpanjang jadwal perpanjangan pendaftaran, karena sudah melebihi batas dua kali kebutuhan.

“Setelah dilakukan pengumuman hasil penelitian administrasi 4-5 Mai, dilanjutkan ujian tertulis pada 6-8 Mai di SMK Negei 2 Padang Panjang yang dipandu oleh Tim KPU RI yang sekaligus menyiapkan soal dan teknisnya dan ujian wawancara. Pengumuman hasil ujian 9-10 Mei, sambil berjalan silahkan kalau ada tanggapan masyarakat terhadap calon PPK yang mendaftar, kami menunggu tanggapan dari masyarakat. Wawancara face to face 11-13 Mei, pengumuman hasil seleksi 14-15 Mei. Pada 15-16 Mei tersebut penetapkan dan pelantikan,” jelas Masnaidi.

Diwaktu yang sama KPU Padang Panjang juga merekrut PPS yang dimulai pada 2-6 Mei, pendaftaran 2-8 Mei, jika tidak melebihi dua kali dari kebutuhan maka waktu pendaftaran akan di perpanjang.