Semen Padang FC : Pembubaran Liga 2 2022 sudah tepat

id Semen Padang,Sumbar,Padang,Liga 2

Semen Padang FC : Pembubaran Liga 2 2022 sudah tepat

Manajer Semen Padang FC Win Bernadino (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Manajer Semen Padang Football Club (SPFC) Win Bernadino menyatakan langkah pembubaran kompetisi Liga 2 2022 yang sempat terhenti akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan merupakan hal yang tepat.

"Keputusan ini bukan dari PSSI namun ini hasil pertemuan klub-klub Liga 2 dalam serasehan yang dilakukan dalam sarasehan Klub Liga 2," kata dia di Padang, Minggu.

Menurut dia dalam serasehan tersebut PSSI melakukan persentasi terhadap sejumlah kemungkinan namun memang jika Liga 2 dilanjutkan akan ada jeda waktu yang lama.

Pertama jeda itu sebabkan adanya bulan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri yang membuat Liga 2 tidak dapat berjalan karena sebagian stadion peserta liga tidak layak menggelar pertandingan malam.

"Liga 2 2022 sudah berjalan empat bulan dan hambatan adalah bulan puasa, belum lagi Piala Dunia U-20, kapan lagi Liga 2 akan digelar dan kapan persiapan," kata dia.

Menurutnya dengan adanya kepastian ini tentu akan menjadi jelas sehingga tim dapat berbenah dalam menyambut Liga 2 yang rencannya dimulai pada November 2023 dan PSSI akan menunjuk operator tersendiri dan berbeda dengan Liga 1.

Selain itu jadwal November tersebut tidak berarsiran dengan Liga 1 dan jadwal pertandingan berada di akhir pekan.

"Ini tentu suatu yang baik karena memang akhir pekan membuat jumlah penonton lebih banyak dan memang kontribusi besar akan didapatkan tim jika penonton banyak," kata dia.

Selain itu Kompetisi Liga 2 musim depan rencananya setiap tim boleh mengontrak pemain asing sebanyak dua orang yakni satu asia dan satu lagi bebas.

"Ini tentu akan berdampak pada kompetisi Liga 2 yang akan semakin kompetitif dan enak disaksikan, selain itu ini juga akan menarik sponsor dan suporter datang ke stadion," kata dia.

Selain itu Semen Padang FC sendiri dalam menghadapi kompetisi nanti akan duduk bersama dengan seluruh pihak untuk melakukan persiapan tim ke depannya dan rencananya tidak akan melakukan penggantian pelatih.

"Untuk pemain, nanti akan kita rekrut usai Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah," kata dia.