Polres Pasaman Barat tekankan pentingnya kesadaran tertib berlalu lintas

id Kepala Kepolisian Resor Pasaman Barat AKBP Agung Basuki,berita pasaman barat,berita sumbar

Polres Pasaman Barat tekankan pentingnya kesadaran tertib berlalu lintas

 Kepala Kepolisian Resor Pasaman Barat AKBP Agung Basuki saat memeriksa kesiapan anggota dalam Operasi Keselamatan Singgalang 2023, Selasa. (Antara/Altas Maulana)

Simpang Empat, (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat menekankan pentingnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas guna mencegah kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres setempat.

"Kesadaran itu penting agar bersama-sama mematuhi rambu-rambu lalu lintas," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki usai menggelar Operasi Keselamatan Singgalang 2023 di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan operasi yang dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai hari ini sampai tanggal 20 Februari 2023 kan mengedepankan tindakan preentif dan preventif guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas serta memberikan imbauan yang bersifat edukatif dan persuasif yang dilakukan secara humanis.

Kepada seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Singgalang 2023 agar selalu berpedoman pada prosedur operasional standard (SOP) dan memperhatikan faktor keselamatan dalam setiap kegiatan operasi.

"Benar-benar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab serta laksanakan secara prosedural, proposional dan profesional guna mencapai hasil yang diharapkan secara maksimal," ujarnya.

Ia menyebutkan yang menjadi sasaran dalam Operasi Keselamatan Singgalang pada tahun ini adalah segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

"Sasaran kita dalam operasi ini adalah segala bentuk potensi gangguan," katanya.

Untuk itu, katanya, pihaknya menggelar Operasi Keselamatan Singgalang 2023 dengan tema "Terciptanya keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 diwilayah hukum Polres Pasaman Barat"

"Gelar pasukan itu bertujuan untuk melihat kesiapan pasukan yang ada sehingga saat operasi benar-benar siap melaksanakan tugas dilapangan," sebutnya.

Setelah pelaksanaan kegiatan apel gelar pasukan, Kapolres AKBP Agung Basuki dan Bupati Pasaman Barat Hamsuardi beserta tamu undangan lainnya berkesempatan untuk melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor dinas yang akan digunakan selama operasi berjalan. (*)