Pemkab Pasbar kunjung serap aspirasi masyarakat di kawasan terisolir

id Pasaman Barat,Sumbar,Padang

Pemkab Pasbar kunjung serap aspirasi masyarakat di kawasan terisolir

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi didampingi Wakil Bupati Risnawanto bersama dinas terkait memberikan sejumlah bantuan dan menyerap aspirasi warga di salah satu daerah terisolir Simaninggir Kecamatan Koto Balingka. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat melakukan kunjungan ke salah satu daerah terisolir Jorong Simaninggir Kecamatan Koto Balingka untuk menyerap aspirasi masyarakat dan memberikan sejumlah bantuan.

"Kami ingin melihat langsung kondisi masyarakat yang ada. Mudah-mudahan dengan kunjungan itu dapat membantu masyarakat," kata Bupati Pasaman Barat Hamsuardi didampingi Wakil Bupati Risnawanto di Simpang Empat, Minggu.

Dalam kunjungan itu bupati bersama rombongan bertemu dengan masyarakat untuk mengetahui dan membicarakan solusi dari permasalahan yang terjadi di Jorong Simaninggir terutama krisis air.

Sebab, masyarakat setempat mengaku kesulitan untuk mendapatkan air bersih saat ini dan setelah itu rombongan melanjutkan kunjungan lapangan melihat langsung ke sumber air bersih.

Dari tinjauan yang dilakukan, bupati menyebutkan akan segera menyusun langkah-langkah untuk mengatasi kesulitan air di Jorong Simaninggir.

"Tentunya upaya ini kita lakukan secara bersama dan berkoordinasi dengan baik. Sehingga kesulitan yang dialami oleh masyarakat kita di Jorong Simaninggir ini secara perlahan dan berkala bisa kita atasi," katanya.

Menurutnya sumber air bersih adalah salah satu upaya untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan bersih serta tumbuh kembang balita yang baik. Pihaknya juga memberikan bantuan kepada sembilan keluarga yang memiliki balita dengan masalah stunting atau gagal tumbuh.

Rombongan juga memberikan motivasi kepada keluarga tersebut agar memperhatikan asupan gizi, pola asuh, kebersihan lingkungan dan ikut Posyandu. Selain bantuan kepada balita, bupati dan wakil bupati beserta rombongan juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami situasi kemiskinan ekstrim.

Kemiskinan ekstrim ini dialami oleh sembilan warga di Simaninggir dan semuanya merupakan lanjut usia.

"Langkah-langkah kebijakan akan disusun berdasarkan data, situasi dan harapan serta kemampuan masyarakat untuk mengatasi kemiskinan ekstrim ini," tegasnya.

Pada kunjungan itu juga diikuti oleh sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Asisten Perekonomian Pembangunan, Staf Ahli Bidang Kesra, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas DPPKBP3A, Kepala Dinas Perkim dan Pertanahan, Kepala Dinas Sosial dan lainnya.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2023