Bawaslu Padang evaluasi pengawasan verifikasi faktual partai politik

id Bawaslu,Padang, Sumbar

Bawaslu Padang evaluasi pengawasan verifikasi faktual partai politik

Ketua Bawaslu Kota Padang Dorri Putra membuka fasilitasi evaluasi verifikasi faktual partai politik di Padang,Selasa (ANTARA/ Mario SN)

Padang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang, Sumatera Barat melakukan evaluasi pengawasan yang telah dilakukan dalam verifikasi faktual yang telah dilakukan institusi tersebut terhadap tahapan pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kota Padang, Dorri Putra di Padang, Selasa mengatakan dalam verifikasi partai politik Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) memiliki peran dalam pengawasan.

Ia mengatakan meski telah ditetapkan hasil verifikasi partai politik beberapa waktu yang lalu, namun evaluasi pengawasan tetap dilakukan.

Menurut dia tujuan dari evaluasi ini adalah meningkatkan kinerja pengawasan pada tahapan selanjutnya.

“Ini bentuk kita melakukan evalausi diri. Panwascam khususnya terlibat dalam pengawasan yang dilakukan saat verifikasi,” katanya.

Ia mengatakan proses dan tahapan masih terus berlanjut hingga selesainya pemilu 2024. Jadi Bawaslu ingin melakukan pengawasan ke depannya agar lebih baik lagi.

“Ada kesalahan tentu kita evaluasi. Dan ketika ada keunggulan, maka itu yang kita terapkan ke depannya,” kata dia

Ia mengatakan dalam waktu dekat juga akan dilakukan verifikasi dukungan bakal calon DPD RI dan Bawaslu akan melibatkan Panwascam.

Ikuti Survei Kesadaran Merek ANTARA: Klik Disini

“Dukungan ini ada sebaran dukungan. Tak semuanya di Padang. Meskipun begitu pengawasan tetap dilakukan sesuai dengan ketentuan,” katanya.

Proses verifikasi akan mengawasi dengan pola melekat. Namun secara resmi masih menunggu instruksi dari Bawaslu Sumbar.

“Sumber daya manusia kita di Bawaslu Padang masih minim. Kita masih menunggu sistem pengawasan sesuai arahan Bawaslu Sumbar,” kata dia

Bawaslu Padang menggelar kegiatan fasilitasi pengawasan penyelenggaraan tahapan pemilu tahun 2024 di Hotel Hayam Wuruk Padang, Selasa (27/12).