Ketua DPRD Solok Selatan ajak masyarakat jaga keharmonisan di tahun politik

id Dprd solok selatan,Zigo rolanda,Pemkab solok selatan,Sumatera barat

Ketua DPRD Solok Selatan ajak masyarakat jaga keharmonisan di tahun politik

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menerima kunjungan pengurus dan anggota PWI setempat di ruangannya di Golden Arm, Solok Selatan, Kamis (1/12). (ANTARA/HO)

Padang Aro, (ANTARA) - Ketua DPRD Solok Selatan, Sumatera Barat, Zigo Rolanda mengajak seluruh elemen masyarakat menjaga dan menciptakan suasana daerah itu tetap harmonis mendekati pelaksanaan pemilihan umum yang digelar secara serentak pada 2024.

"Untuk menciptakan suasana tahun politik yang sejuk dan kondusif ini perlu peran media dengan menyajikan berita-berita yang positif dan berimbang," katanya saat menerima kunjungan pengurus dan anggota PWI Solok Selatan di Padang Aro, Kamis (1/12).

Media, katanya selain berperan sebagai pengontrol juga memiliki tugas menciptakan dan menjaga keharmonisan masyarakat.

"Dengan berita yang sejuk dan berimbang tentunya menghindarkan gesekan di tengah masyarakat sehingga terjaga keharmonisan masyarakat," katanya.

Selain menyinggung peran media di tahun politik, Ketua DPD Golkar Solok Selatan itu mengatakan bahwa tugas pengawasan yang dilakukan media di daerah itu juga telah berjalan terbukti dengan tegaknya kedisplinan aparatur negeri sipil (ASN) di pemerintahan setempat.

Kesuksesan pemerintah, katanya tak luput dari peran DPRD dan media yang sama-sama memiliki peran pengawasan.

"Tugas media dan DPRD itu sama, yakni mengontrol kinerja pemerintah," katanya.

Di Solok Selatan, katanya lembaga eksekutif dan legislatif bisa berjalan dan membangun bersama sehingga menciptakan pemerintahan yang baik.

"DPRD itu juga bagian dari pemerintah," katanya.

Sementara saat disinggung mengenai akses informasi di DPRD yang sempat dikeluhkan awak media, ia memastikan bahwa tidak ada yang ditutup-tutupi.

"Kami di DPRD sangat mendukung, apapun data kebutuhan media akan kami berikan sesuai kebutuhan dan tidak akan menutup-nutupinya," ujarnya.

Di akhir pertemuan, Zigo menegaskan bahwa pemerintah setempat tidak alergi dengan kritikan namun harus dengan narasi yang baik dan membangun.

"Sampaikan lah kritik karena kita bisa maju dengan adanya kritikan. Tapi harus disampaikan dengan narasi yang baik dan membangun," katanya. (*)