Bawaslu Agam: Saka Adhyasta pelopor tingkatkan partisipasi pengawasan Pemilu

id Bawaslu Agam,Pemilu 2024,Berita agam,Berita sumbar

Bawaslu Agam: Saka Adhyasta pelopor tingkatkan partisipasi pengawasan Pemilu

Ketua Bawaslu Agam, Elvys (dua dari kiri) membuka sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif bagi Saka Adhyasta Pemilu di Hotel Sakura Syariah Lubukbasung, Rabu (16/11). Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Ketua Bawaslu Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Elvys berharap Satuan Karya Pramuka (Saka) Adhyasta Pemilu menjadi pelopor dan inspirator bagi pemuda-pemudi bangsa untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu serentak 2024.

"Melalui Saka Adhyasta Pemilu diharapkan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu," katanya saat sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif bagi Saka Adhyasta Pemilu di Hotel Sakura Syariah Lubukbasung, Rabu.

Ia mengatakan, Saka Adhyasta bisa menjadi sekolah demokrasi bagi anggota Pramuka di bidang pengawasan Pemilu,

Setelah itu memberikan pendidikan khusus pengawasan Pemilu bagi anggota Pramuka, memperluas pengawasan Pemilu ke pemilih pemula.

Mewujudkan calon aparatur pengawas Pemilu dan menciptakan aktor pengawas Pemilu.

"Dengan cara itu, maka terwujudnya Pemilu yang bebas, umum, langsung dan rahasia," katanya.

Ia menambahkan, Adhyasta berarti penjaga, pengawal, pengaman, atau pelindung keselamatan bangsa dan negara.

Saka Adhyasta Pemilu merupakan satuan karya pramuka yang merupakan wadah kegiatan keadhyastaan atau pengawalan Pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan Pemilu, guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pengawasan pemilu.

"Keberdaaan Saka Adhyasta Pemilu dalam menyongsong Pemilihan Umum Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden merupakan tonggak penting keikutsertaan Gerakan Pramuka dalam menegakkan penyelenggaraan demokrasi Indonesia," katanya.

Untuk itu, sudah tepat langkah Bawaslu Agam menggandeng Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Agam dalam upaya penegakan demokrasi, khususnya dalam mengawal terselenggaranya pengawasan Pemilu sampai tercipta Pemilu yang berintegritas.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Sekretariat Bawaslu Agam, Yulizamra menambahkan peserta sosialisasi sebanyak 60 orang berasal dari Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Agam dan Saka Adhyaksta Pemilu Agam.

Sedangkan narasumber berasal dari akademisi, pengurus Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Agam dan komisioner Bawaslu Agam.

"Kegiatan satu hari penuh di Hotel Sakura Syariah Lubukbasung," katanya.