Pemkab Pasbar salurkan Rp1, 4 miliar dana zakat kepada 226 mustahik

id Pemkab Pasbar,dana zakat pasbar,Berita Pasbar,Berita sumbar

Pemkab Pasbar salurkan Rp1, 4 miliar dana zakat kepada 226 mustahik

Pemkab Pasaman Barat salurkan Rp1, 4 miliar dana zakat kepada 226 mustahik di daerah itu, Rabu. (Antara/Altas Maulana) 

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menyalurkan Rp1, 4 miliar lebih dana dari Badan Amil Zakat Nasional setempat kepada 226 orang mustahik di Simpang Empat, Rabu.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengatakan dana zakat yang disalurkan itu merupakan program Pasaman Barat sehat, sejahtera, dakwah dan advokasi Baznas Pasaman Barat.

"Program itu bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan di Pasaman Barat dan menjalankan program Pemkab terutama di bidang keagamaan," katanya.

Menurutnya program Pasaman Barat sehat ini merupakan salah satu program utama Baznas yang dana tersebut murni dari zakat para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ia berharap Program Baznas akan terus berlanjut untuk masyarakat dan tepat sasaran. Sehingga masyarakat yang menerima bisa meningkatkan taraf hidupnya.

"Semoga akan ada bantuan berikutnya untuk masyarakat di Pasaman Barat. Dengan adanya bantuan Baznas ini taraf hidup mustahik yang menerimanya meningkat," harapnya.

Ia juga menegaskan akan terus berkoordinasi dengan pusat terkait permasalahan sosial yang ada di Pasaman Barat terutama untuk menuntaskan kemiskinan. Apalagi data yang digunakan oleh pemerintah pusat untuk menetapkan data kemiskinan masih data lama.

Sementara itu Ketua Baznas Pasaman Barat Muhajir mengatakan bantuan tersebut diberikan kepada 226 mustahik.

Terdiri dari usaha binaan dengan total Rp328 juta, untuk bedah rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni sebanyak 28 mustahik dengan total Rp560 juta.

Untuk muallaf lima orang dengan total dana Rp25 juta dan biaya berobat sebanyak 193 mustahik yakni Rp524.500.000.

"Dengan total 226 mustahik yang menerima zakat ini di program Pasaman Barat sehat, sejahtera, dakwah dan advokasi," sebutnya.

Ia berharap dukungan dari seluruh pihak agar Baznas Pasaman Barat semakin baik kedepannya. Dimana menurutnya persoalan kemaslahatan umat menjadi tanggung jawab bersama.***3***