Pemkab Pessel bersama Bank Nagari - BI gelar Rakor percepatan perluasan digitalisasi

id Bank Nagari, digitalisasi pajak, qris, Pesisir Selatan

Pemkab Pessel bersama Bank Nagari - BI gelar Rakor percepatan perluasan digitalisasi

Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah didampingi Sekdakab Mawardi Roska bersama pimpinan Bank Nagari Cabang Painan dan BI Perwakilan Sumbar. (ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bersama Bank Nagari Cabang Painan dan Bank Indonesia (BI) Pewakilan Sumatera Barat menggelar Rapat Koordinasi Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) semester I tahun 2022.

Momentum Rakor diruang rapat bupati, Kamis (1/9), sekaligus meluncurkan QRIS dinamis yang dipimpin Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah didampingi Sekdakab Mawardi Roska dan dihadiri Pemimpin Bank Nagari Cabang Painan, Helfi Yanrika serta kepala perangkat daerah.

Dalam sambutanya Rudi mengatakan, dengan QRIS Dinamis ini dapat mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran kewajiban pajak dengan cepat, luas, dan digital.

Percepatan perluasan digitalisasi daerah di Kabupaten Pesisir Selatan juga diikuti atas transaksi-transaksi pendapatan daerah.

"Oleh karena itu, dengan adanya TP2DD di Kabupaten Pesisir Selatan dapat mendorong inovasi, mempercepat peningkatan ekonomi dan keuangan digital dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektifitas, transparansi, dan tata kelola keuangan yang terintegrasi di Kabupaten Pesisir Selatan," kata Wabup.

Kemudian dengan penerapan program digitalisasi transaksi daerah Kabupaten Pesisir Selatan dapat memicu peningkatan secara sigrnifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sebab, saat banyak kebijakan yang sifatnya membatasi pertemuan fisik, pembayaran retribusi dan pembayaran pajak dengan pemanfaatan teknologi digital dapat menunjang perolehan PAD, karena lebih cepat dan mudah serta transparansi, katanya.

“PAD dapat terus mewujudkan pembangunan fasilitas-fasilitas umum dan memenuhi aspirasi-aspirasi dari masyarakat. Pemkab Pesisir Selatan berkomitmen untuk mengimplementasikan transaksi elektronik bukan hanya dilingkungan Pemkab saja, namun juga di sektor swasta seperti UMKM,”ujarnya.

Percepatan dan perluasan digitalisasi berupa peningkatan pengetahuan digitalisasi, akses internet serta infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi bagi industri, khususnya bagi pelaku UMKM, tentunya akan mendorong untuk menjadi bisnis digital.

"Kami sangat berterimakasih kepada Bank Indonesia dan Bank Nagari sebagai fasilitator transaksi ini dapat segera bergerak. Kegiatan ini merupakan langkah awal, mudah-mudahan TP2DD dapat mendorong inovasi, percepatan, dan perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektivitas dan transparansi tata kelola keuangan," kata Wabup.

Dalam kesempatan itu, pmimpin Bank Nagari Cabang Painan Helfiyanrika mengungkapkan, kegiatan rakor itu membahas mengenai evaluasi TP2DD di Kabupaten Pesisir Selatan. Rencana penerapan sesuai dengan action plan yang disampaikan Pemkab Pesisir Selatan.

Selanjutnya, dilaksanakan pula acara peluncuran QRIS Dinamis kerja sama Pemkab Pesisir Selatan dengan Bank Nagari Cabang Painan dalam pembayaran pajak dan retribusi daerah, tambahnya.*