Disdukcapil Payakumbuh jadi penyelenggara Adminduk terbaik di Sumatera Barat

id Kepala Disdukcapil Kota Payakumbuh Wal Asri,Disdukcapil Kota terbaik,payakumbuh,sumbar

Disdukcapil Payakumbuh jadi penyelenggara Adminduk terbaik di Sumatera Barat

Kepala Disdukcapil Kota Payakumbuh Wal Asri saat memperlihatkan piagam sebagai Disdukcapil Kota terbaik pada Penilaian Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan (Adminduk) tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022. (Antara/Akmal Saputra)

Payakumbuh, (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh berhasil menjadi Disdukcapil Kota terbaik pada Penilaian Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan (Adminduk) tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022.

"Alhamdulillah pada 17 Agustus Disdukcapil Kota Payakumbuh telah menerima penghargaan dari Gubernur yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy," kata Kepala Disdukcapil Payakumbuh Wal Asri di Payakumbuh, Jumat.

Ia mengatakan bahwa penghargaan yang diterima Disdukcapil Kota Payakumbuh adalah dalam penyelenggaraan Adminduk untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat yang penilaiannya telah dilakukan beberapa waktu yang lalu.

"Ini merupakan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam bentuk bagaimana Disdukcapil melaksanakan kinerja dengan baik dan kinerja melebihi target yang ada," kata dia.

Dia menjelaskan bahwa saat ini kinerja Disdukcapil Kota Payakumbuh sudah mencapai level 4 yang merupakan level tertinggi dari kinerja Disdukcapil.

"Artinya semua target kinerja sudah dapat diraih. Semua target layanan itu sepertu perekaman KTP, akte kelahiran, KIA, akte kematian, buku pemakaman sudah melebihi target nasional," ujarnya.

Ia mengatakan penilaian dilakukan melalui beberapa rangkaian proses, mulai dari seleksi administrasi yang mengedepankan pemenuhan aspek-aspek pelayanan publik, kunjungan lapangan dan wawancara langsung dengan kepala dinas yang fokus membahas inovasi-inovasi pelayanan.

"Sekarang di Dukcapil Kota Payakumbuh ada 28 inovasi pelayanan. Salah satunya untuk mendapatkan pelayanan yang saat ini masyarakat tidak perlu hadir dan saat ini sudah 80 persen pelayanan kita sudah melalui Whatsapp," kata dia.

Selain itu, sambungnya Dukcapil Payakumbuh juga terus melakukan pelayanan jemput bola seperti untuk perekaman KTP salah satunya dengan hadir di sekolah-sekolah untuk siswa usia 16 lebih sehari.

"Prestasi ini merupakan hasil kerja tim Disdukcapil yang solid dan berintegritas. Penghargaan ini InsyaAllah akan semakin mendorong Disdukcapil untuk melayani masyarakat lebih baik lagi karena penghargaan ini bukan tujuan akhir tetapi merupakan motivasi agar seluruh pegawai di lingkup capil Payakumbuh berusaha melayani masyarakat dengan baik," katanya.

Menurutnya pelayanan Disdukcapil memang harus membahagiakan masyarakat dengan cepat, amanah, nyaman, berbasis teknologi, transparan dan terpercaya.

"Insyaallah itu akan kami pertahankan dengan baik dan motivasi untuk kami bersama dengan dukungan penuh dari Wali Kota Payakumbuh untuk penyelenggaran Adminduk di Kota Payakumbuh semakin baik untuk masa yang akan datang," ujarnya. (*)