Kunjungan masyarakat ke Disdukcapil meningkat di Pasaman Barat

id Kunjungan masyarakat ke Disdukcapil meningkat

Kunjungan masyarakat ke Disdukcapil meningkat di Pasaman Barat

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat saat melayani kunjungan masyarakat yang ramai mengurus administrasi kependudukan pascalibur Lebaran 1445 Hijriah, Selasa (16/4/2024). Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Kunjungan masyarakat ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat di hari pertama kerja membludak capai 300 orang untuk mengurus dokumen kependudukan.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pasaman Barat Muhammad Irfan di Simpang Empat, Selasa, mengatakan sebagian besar masyarakat datang melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik dan melegalisir sejumlah dokumen kependudukan.

"Sangat membludak sejak pagi hingga sore sejumlah loket dan tempat perekaman KTP dipenuhi masyarakat. Biasanya kunjungan setiap harinya rata-rata 100 orang," ujarnya.

Menurutnya dengan membludaknya kunjungan masyarakat maka pihaknya mengintensifkan pelayanan agar semuanya terlayani.

Pada umumnya, katanya, masyarakat yang datang mengurus perekaman KTP elektronik, memperbaiki dokumen kependudukan dan mengurus pindah administrasi kependudukan.

Pihaknya sudah memprediksi akan terjadi peningkatan pengurusan administrasi kependudukan pascalibur Lebaran sehingga petugas yang ada di maksimalkan.

"Apalagi saat ini ada penerimaan personel TNI dan Polri sehingga banyak masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan," katanya.

Pihaknya memprediksi pengurusan administrasi kependudukan akan masih tinggi satu pekan ke depan. Untuk itu pihaknya akan mengaktifkan dan mengoptimalkan petugas di masing-masing loket layanan.

Selain itu juga mengoptimalkan layanan secara online sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik.

"Bagi masyarakat yang langsung datang ke kantor diharapkan dapat mempelajari syarat-syarat kelengkapan yang akan diurus sehingga tidak bolak balik datang ke kantor. Kasihan bagi masyarakat yang jauh yang membutuhkan waktu dan biaya datang ke kantor untuk berurusan," sebutnya.