Semen Padang mulai perbaiki rumput Stadion Haji Agus Salim hadapi Liga 2

id Semen Padang fc,Stadion Haji Agus Salim,Liga 2,Berita sumbar,Berita padang

Semen Padang mulai perbaiki rumput Stadion Haji Agus Salim hadapi Liga 2

Konsultan Independen rumput Supomo Hariadi yang memperbaiki rumput Stadion Haji Agus Salim Padang

Padang (ANTARA) - Tim Semen Padang Football Club (SPFC) mulai memperbaiki rumput Stadion Haji Agus Salim Kota Padang Sumatera Barat yang akan menjadi kandang mereka dalam kompetisi Liga 2 2022.

Konsultan independen rumput lapangan Supomo Hariadi di Padang, Senin mengatakan untuk tahap awal ini pihaknya memagar lapangan agar tidak diinjak.

“Kita kemudian melakukan pemotongan rumput untuk mengetahui kondisi real rumput ini,” kata dia.

Ia mengatakan saat ini dirinya tidak mengetahui tekstur lapangan dan rumput namun setelah dipotong nanti baru dapat ditentukan teknik perawatan yang akan dilakukan.

“Tahap awal ini kita juga mencabut rumput liar dan keras. Rumput ini yang membahayakan pemain nantinya,” katanya

Kemudian membenahi level permukaan pemupukan dan pemotongan rutin akan dilakukan setiap harinya.

Menurut dia langkah yang dilakukan adalah perawatan bukan penggantian rumput karena untuk penggantian atau menanam baru membutuhkan waktu enam bulan.

“Kita ditarget sebulan agar rumput ini sama seperti stadion lainnya dan layak menggelar kompetisi Liga 2. Ini tergantung kemauan kita bersama mewujudkannya,” katanya.

Ia juga mengatakan penyebab rumput disini begini karena kurang perhatian saja mungkin karena pemakaian dengan intensitas tinggi

Rumput di stadion ini adalah rumput gajah (occonopus compresus) sama seperti Stadion Lebak Bulus dulu

Menurut dia rumput ini meski sudah lama namun bagus untuk pertandingan sepakbola dan saat ini tren rumput adalah rumput zoysia.

Ia mencontohkan Stadion GBK dan Stadion Utama Sumbar menggunakan rumput Zoysia dengan variasi yang berbeda.

Dirinya optimistis perbaikan rumput ini akan berjalan tepat waktu dan kembali bagus karena akan diberi pupuk agar tumbuh lebih merata dan dilakukan pemotongan intensif.

Terkait kendala, menurut dia cuaca bukan menjadi kendala karena jika hujan pertumbuhan rumput bagus dan jika panas dilakukan penyiraman rutin.

“Dirinya berharap lapangan ini jangan digunakan saat perawatan hingga kompetisi bergulir agar mendapatkan hasil yang maksimal,” kata dia.

Semen Padang sendiri mengalokasikan anggaran Rp1 miliar untuk perbaikan Stadion Haji Agus Salim sebagai kandang tim Kabau Sirah di Liga 2 2022.