Kunjungan wisatawan ke Pariaman sepekan lebaran capai 360 ribu

id Pariwisata pariaman,Berita pariaman,Pantai Gandoriah,Pantai Pasir Sunur

Kunjungan wisatawan ke Pariaman sepekan lebaran capai 360 ribu

Foto udara sejumlah pengunjung menikmati wisata di Pantai Gandoriah, Pariaman, Sumatera Barat, Minggu (8/5/2022). (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/YU)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat mencatat kunjungan wisatawan ke daerah itu selama sepekan pelaksanaan Festival Pantai mulai dari Selasa (3/5) sampai dengan Senin (9/5) mencapai 360 ribu kunjungan.

"Tapi wisatawan yang masuk ke objek wisata bertiket masuk sebanyak empat lokasi mencapai 63.325 kunjungan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Dwi Marhen Yono di Pariaman, Selasa (10/5).

Ia mengatakan di Kota Pariaman terdapat banyak objek wisata yang empat di antaranya dikelola pemerintah setempat dan diterapkan tiket masuk.

Keempat objek wisata tersebut yaitu Pantai Gandoriah, Pantai Kata, Talao Pauh, dan Pulau Angso Duo. Empat objek wisata tersebut selama sepekan telah menghasilkan pendapatan asli daerah sebesar Rp334.925.000.

Selain itu juga ada objek wisata yang dikelola oleh badan usaha milik desa dan kelompok sadar wisata yang beberapa di antaranya diterapkan tiket masuk juga ada objek wisata yang gratis.

"Objek wisata seperti Pantai Pasir Sunur, Taluak, dan Binasi itu gratis," katanya.

Ia menyampaikan untuk menghitung jumlah kunjungan tersebut selain melalui dari tiket pihaknya juga menghitung melalui parkir kendaraan di objek wisata yang tidak diterapkan parkir.

Ia menyampaikan dari penghitungan Pemerintah Kota Pariaman bersama salah satu perguruan tinggi di provinsi itu uang yang beredar di kota tersebut selama sepekan mencapai Rp36 miliar.

"Hitungannya mulai dari parkir, tiket, makan dan minum serta oleh-oleh, nginap di hotel apalagi hotel penuh. Jadi hasil penghitungan rata-rata wisatawan mengeluarkan uangnya di Pariaman Rp120 ribu," ujarnya.

Menurutnya kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kota Pariaman akan terus bertambah seiring dengan masih adanya perantau yang belum balik ke rantau.

"Kami pun tetap memberikan hiburan tradisional khas Pariaman setiap hari kepada wisatawan hingga Minggu (15/5)," tambahnya.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menjadwalkan pelaksanaan Festival Pantai selama 13 hari terhitung dari 3 Mei sampai dengan 15 Mei guna menyambut wisatawan yang berkunjung ke daerah itu selama Libur Lebaran 2022.

"Kami ingin perantau yang diprediksi pulang ke Sumbar sekitar 1,8 juta itu mengunjungi Kota Pariaman pada libur lebaran tahun ini," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman.

Oleh karena itu, lanjutnya dalam pelaksanaannya tidak saja dilakukan oleh jajaran Pemkot Pariaman saja namun juga seluruh kepala desa, lurah kepolisian, TNI serta pemangku kepentingan di daerah itu.