Pariaman peroleh PAD Rp215 juta selama empat hari lebaran

id Piaman Barayo pada lebaran 2024,Berita pariaman,Berita sumbar

Pariaman peroleh PAD Rp215 juta selama empat hari lebaran

Wisatawan sedang bermain di anjungan Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mencatat daerah itu memperoleh pendapatan asli daerah (PAD) Rp215 juta dari sektor pariwisata selama empat hari pelaksanaan kegiatan pariwisata Piaman Barayo pada lebaran 2024.

"Pemkot Pariaman menyelenggarakan Piaman Barayo mulai dari 11 sampai 21 April 2024 mendatang. Dalam empat hari pelaksanaan Piaman Barayo mulai 11 sampai 14 April terjadi geliat perekonomian masyarakat di destinasi wisata," kata Penjabat Walikota Pariaman Roberia di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan tercatat sebanyak 37.894 wisatawan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Pariaman dan menurutnya hal tersebut menunjukkan tingginya minat dari wisatawan dan perantau untuk mengunjungi objek wisata di daerah tersebut.

Ia merincikan pada hari pertama pelaksanaan Piaman Barayo tercatat PAD Pariaman sebesar Rp40.345.000, lalu dihari kedua mencapai Rp45.540.000. Selanjutnya pada di hari ketiga mencapai Rp63.810.000 sedangkan hari keempat mencapai Rp65.775.000.

"Alhamdulillah, total PAD selama empat hari dari Piaman Barayo 2024 Kota Pariaman berjumlah Rp.215.470.000," katanya.

Ia berharap kunjungan wisatawan selama pelaksanaan Piaman Barayo dapat menjadi penunjang peningkatan ekonomi daerah dan berdampak pada warga setempat yang memanfaatkan libur lebaran untuk berdagang.

Diperkirakan jumlah PAD tersebut akan terus meningkat seiring dengan masih berjalannya kegiatan wisata Piaman Barayo hingga 21 April mendatang.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menyiapkan sembilan objek wisata di daerah itu melalui kegiatan wisata Pariaman Barayo yang berlangsung dari 11 sampai 21 April guna menyambut wisatawan selama libur lebaran 2024.

"Objek wisata yang kita siapkan mulai dari pantai Desa Pasir Sunur sampai ke Desa Apar," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi di Pariaman.

Sembilan objek wisata yang disiapkan tersebut merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik pada saat lebaran maupun pada libur akhir pekan.

Bahkan, kata dia dalam masa libur lebaran di sejumlah objek wisata tersebut akan terdapat wahana permainan yang dapat menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke destinasi tersebut.