Sekda Payakumbuh: Dinas luar daerah hanya yang penting guna cegah omicron

id berita payakumbuh,berita sumbar,cegah

Sekda Payakumbuh: Dinas luar daerah hanya yang penting guna cegah omicron

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Rida Ananda. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Sampai saat ini kita masih melakukan pembatasan atau meminimalisir perjalanan dinas ke luar daerah,
Payakumbuh (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Rida Ananda memastikan dinas luar daerah hanya untuk hal-hal yang penting untuk mencegah masuknya virus corona varian omicron.

"Sampai saat ini kita masih melakukan pembatasan atau meminimalisir perjalanan dinas ke luar daerah, yang boleh itu hanya untuk yang urgen saja," kata dia di Payakumbuh, Senin.

Hal yang urgen ini, katanya salah satunya dalam rangka kepentingan untuk perencanaan pembangunan di Kota Payakumbuh.

"Namun selama di luar daerah kami meminta agar terus menjalankan protokol kesehatan. Ketika balik ke daerah mereka juga wajib untuk tes COVID-19," ujarnya.

Selanjutnya, Rida juga meminta peran dari masyarakat untuk kerja sama dengan pemerintah untuk bersama disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, serta membatasi mobilitas.

"Kami tentu berharap agar kasus COVID-19 di Indonesia khususnya untuk Kota Payakumbuh tidak meningkat lagi. Mari kita bersama-sama menjaga diri dengan protokol kesehatan," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa saat ini Pemkot Payakumbuh terus gencar melaksanakan vaksinasi COVID-19 termasuk untuk anak usia 6-11 tahun agar tercapainya kekebalan komunal atau kelompok.

"Capaian vaksinasi kita di Kota Payakumbuh sudah diatas 82 persen dan saat ini kita juga tengah melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun," katanya.

Menurutnya, kesuksesan percepatan vaksinasi untuk anak 6-11 tahun juga tidak terlepas dari kerjasama seluruh kepala sekolah untuk memberikan sosialisasi kepada orang tua siswa.

"Jadi setiap sekolah harus gencar melakukan sosialisasi kepada orang tua siswa dan terus memberikan pemahaman sehingga orang tua dapat memberikan izin untuk anaknya divaksin," ujarnya.

Kabid Kesmas dan P3 Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Fatmanelly mengatakan bahwa pihaknya setiap hari terus melaksanakan vaksinasi COVID-19 termasuk ke sekolah dasar.

Ditambahkannya, pihak orang tua tidak perlu khawatir untuk memberikan anaknya izin mengikuti vaksinasi COVID-19 karena tim vaksinasi akan memastikan kesehatan anak sebelum divaksin.

"Di lokasi vaksinasi COVID-19 juga ada tim KIPI untuk memastikan anak aman setelah divaksin. Kalaupun nanti saat sampai di rumah ada yang dirasakan segera hubungi petugas kesehatan agar segera diperiksa dan diberikan penanganan," ujarnya.