Polres Pariaman perintahkan Polsek tingkatkan capaian vaksinasi di Padang Pariaman

id berita pariaman, berita sumbar, polres pariaman

Polres Pariaman perintahkan Polsek tingkatkan capaian vaksinasi di Padang Pariaman

Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis saat Gebyar Vaksinasi COVID-19 di Pariaman, Sabtu. (ANTARA/Aadiaat M. S. )

Pariaman (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kota Pariaman, Sumatera Barat memerintahkan kepolisian sektor (Polsek) di empat kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman yang masuk wilayah hukumnya berkoordinasi dengan pemangku kepentingan setempat guna meningkatkan capaian vaksinasi di daerah itu yang saat ini masih rendah.

"Ada empat Polsek yang masuk ke dalam wilayah Polsek Pariaman, kami berdayakan Polsek-polsek yang ada," kata Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis saat Gebyar Vaksinasi COVID-19 di Pariaman, Sabtu.

Adapun empat Polsek yang ada di Kabupaten Padang Pariaman di bawah jajaran Polres Pariaman yaitu IV Koto Aua Malintang, Sungai Garinggiang, Sungai Limau, dan V Koto (Kampung Dalam).

Ia mengatakan Kapolsek harus meningkatkan berkoordinasi dengan Puskesmas, Koramil, camat dan wali nagari serta korong untuk mencari warga yang belum divaksin lalu mengantarnya ke lokasi vaksinasi.

"Jadi kami menerapkan 'door to door system' (sistem dari rumah ke rumah). Warga dibawa ke Puskesmas atau gerai vaksin untuk vaksinasi," katanya.

Selain itu, lanjutnya pihaknya juga menjalin komunikasi dengan tokoh agama, adat, masyarakat setempat guna memberikan pemahaman agar mau mengajak warganya untuk divaksin COVID-19.

Ia menyampaikan pihaknya sering melaksanakan gebyar vaksin dengan menyediakan hadiah guna meningkatkan vaksinasi di wilayah hukum Polres Pariaman yang meliputi Kota Pariaman dan sejumlah kecamatan di Padang Pariaman.

"Untuk target vaksinasi hari ini sekitar 2.000 orang bisa divaksin," ujarnya.

Sebelumnya, realisasi vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) hingga Selasa (4/1) mencapai lebih dari 167.000 orang atau baru 49,01 persen dari target sasaran yang ditetapkan.

"Vaksinasi di Padang Pariaman memang masih rendah, peringkat dua terakhir di Sumbar, tapi kami tidak akan patah arang untuk sosialisasi dan melaksanakan vaksinasi," kata Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang saat Gebyar Vaksin di Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau.

Ia mengatakan pihaknya saat ini terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak mulai dari TNI, Polri, BUMD, pemerintah nagari dan korong, serta tokoh agama dan adat agar realisasi vaksinasi di Padang Pariaman dapat terus meningkat.