Pemkab siapkan prasarana pemasaran produk dan jajanan kuliner khas Pasaman Barat

id Risnawanto,pasaman barat,UMKM pasaman barat,sumbar

Pemkab siapkan prasarana pemasaran produk dan jajanan kuliner khas Pasaman Barat

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto didampingi Sekda Hendra Putra bersama dinas terkait saat meninjau kios yang dibangun untuk pelaku UMKM di Pasaman Baru, Kabupaten Pasaman Barat. (Antara/Altas Maulana)

Simpang Empat, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat terus berupaya mendorong pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan membangun sarana prasarana bagi mereka untuk memasarkan produk yang ada.

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto di Simpang Empat, Kamis mengatakan pembangunan sarana prasarana yang dibangun di belakang kantor PMI dekat kantor Bupati Pasaman Barat itu bertujuan untuk memasarkan produk-produk dan jajanan kuliner khas Pasaman Barat.

Menurutnya pembangunan ini juga untuk meningkatkan UMKM di Kabupaten Pasaman Barat agar mandiri dan berpengaruh kepada peningkatan ekonomi para pelaku UMKM di Pasaman Barat.

Ia menyebutkan dalam meningkatkan kualitas UMKM di Pasaman Barat perlu penanganan dan perhatian pemerintah dalam memfasilitasi sarana dan keperluan lainnya sehingga berdampak baik kepada peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kita kemarin bersama organisasi terkait hadir untuk melihat langsung proses pembangunan taman kota yang dialokasikan untuk pedagang kaki lima," ujarnya.

Bagi pedagang itu, katanya, akan dibina dengan baik sehingga pelaku UMKM dapat berdagang dengan nyaman sesuai diharapkan bersama.

Pemkab akan menyediakan fasilitas sarana prasarana penunjang lainnya untuk digunakan pedagang kaki lima sepanjang jalan kantor bupati sampai halaman pengadilan negeri.

Ia menambahkan bahwa mulai Februari nanti akan adanya penertiban pedagang kaki lima sekitar jalan utama guna memperindah tatanan kota di kawasan perkantoran.

Ia menjelaskan sarana prasarana yang disiapkan itu tempat atau los jualan, penerangan taman, musala dan tempat duduk bagi pengunjung.

"Itu semua diberikan untuk kenyamanan pedagang serta pengunjung sehingga dapat mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari kegiatan yang dilaksanakan seperti yang sudah direncanakan sebelumnya," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya lokasi khusus yang dibangun Pemkab itu dapat meningkatkan pendapatan pedagang dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat terkhusus pelaku UMKM Pasaman Barat. (*)