Pemkab Solok Selatan bantu pedagang ikan peralatan pemasaran

id berita solok selatan,berita sumbar,bantu

Pemkab Solok Selatan bantu pedagang ikan peralatan pemasaran

Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Solok Selatan, Bismark Yanser. (Antarasumbar/Erik Ifansya Akbar)

Khusus coolbox kapasitas 50 liter sesuai permintaan pedagang karena lebih efektif dan mudah di bawa atau dipindahkan,
Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan, Sumatera Barat membantu pedagang ikan berupa sarana prasarana pelaku pemasaran hasil perikanan berupa coolbox fiber 20 unit kapasitas 50 liter, pisau 50 unit dan timbangan lima kilogram.

"Khusus coolbox kapasitas 50 liter sesuai permintaan pedagang karena lebih efektif dan mudah di bawa atau dipindahkan," kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Solok Selatan, Bismark Yanser di Padang Aro, Kamis.

Dia mengatakan, pada 2020 juga ada bantuan coolbox dengan kapasitas 200 liter dan kurang terpakai oleh pedagang oleh sebab itu mereka minta yang kecil.

Bantuan prasaranan pelaku pemasaran hasil perikanan diberikan kepada pedagang yang tergabung dalam Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklasar).

Bantuan ini, akan diserahkan kepada pedagang bertepatan dengan hari ulang tahun Kabupaten Solok Selatan pada 7 Januari 2022.

"Bantuannya sudah ada dan penyalurannya direncanakan saat HUT Kabupaten," ujarnya.

Untuk pengembangan perikanan di Solok Selatan, katanya tahun ini juga ada bantuan pembangun kolam air deras dengan memanfaatkan saluran irigasi untuk pembesaran.

Kolam air deras ini untuk mempercepat masa panen sebab ikan akan terus bergerak sehingga pertumbuhannya cepat.

Khusus kolam air deras, ukuran bibit yang disebar juga lebih besar yaitu minimal panjang delapan centimeter biar tidak hanyut.

"Bantuan kolam air deras juga disertai dengan bibit sebanyak 32-40 ribu ekor jenis rayo," ujarnya.

Dia menyebutkan, antusias masyarakat dalam budidaya ikan cukup tinggi tapi butuh pembinaan berkelanjutan supaya tidak berhenti ditengah jalan.

Selain itu tahun ini melalui pokok pikiran DPRD juga ada bantuan mesin pembuat pakan berupa penepung, pencetak dan molen pengaduk.