Jelajah desa-lomba foto isi festival budaya desa Basilone Silungkang Duo Sawahlunto

id berita sawahlunto,berita sumbar,desa

Jelajah desa-lomba foto isi festival budaya desa Basilone Silungkang Duo Sawahlunto

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta bersama sejumlah tamu undangan dalam pembukaan Festival Budaya Desa Basilone di Desa Silungkang Duo, Rabu. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Kalau keikutsertaan masyarakat desa dalam Festival Budaya Desa Basilone ini sangat tinggi
Sawahlunto (ANTARA) - Festival Budaya Desa Basilone di Silungkang Duo Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat, menyelenggarakan jelajah budaya dan lomba foto potensi budaya, pada Rabu.

Pendamping Kebudayaan Desa Kota Sawahlunto, Yogi Andika Hendraliza di Dusun Talang Tuluih Desa Silungkang Duo, Rabu, mengatakan untuk kegiatan jelajah budaya diikuti murid TK sampai SMP di Silungkang Duo dengan peserta 50 orang.

"Dalam jelajah budaya ini, lokasi potensi budaya yang dikunjungi adalah industri kerupuk ubi, pengrajin injok (anyaman daun kelapa untuk menjemur kerupuk), pengrajin tenun, industri anian tanun dan industri/pengrajin ale-ale/pinukuik dan kue apam," jelas dia.

Sedangkan untuk lomba foto potensi budaya, dilaporkan Ketua Pelaksana Festival Budaya Desa Basilone Herawati telah diikuti 31 peserta.

"Hari ini pengumpulan foto untuk lomba tersebut. Kalau untuk objek yang difoto para peserta selain destinasi wisata/budaya juga termasuk aktifitas keseharian masyarakat di Silungkang Duo," katanya.

Ia menambahkan, untuk Kamis (25/11) kegiatan yang dilaksanakan adalah panggung dan pameran budaya desa serta pengumuman pemenang lomba foto.

"Dalam rangkaian kegiatan nanti di lokasi acara yakni Puncak Tolang Ompu Dusun Talang Tuluih juga diselenggarakan pasar kuliner desa. Ada tujuh stand yang menjual makanan lokal seperti sonok dan ubi tapai, pedagangnya warga setempat," ujar dia.

Kepala Desa Silungkang Duo, Wandi menyebut seluruh kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Kalau keikutsertaan masyarakat desa dalam Festival Budaya Desa Basiolone ini sangat tinggi. Sejak awal persiapan sampai sekarang itu semua berlangsung dengan partisipasi aktif masyarakat," katanya.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta dalam pembukaan Basilone menyatakan Pemkot Sawahlunto mendukung kegiatan ini melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan beberapa hal lain.

"Ini mengekspose kekayaan wisata budaya dan sejarah dari desa. Kita mendukung sekali karena sangat bermanfaat dalam melestarikan budaya juga menjadi daya tarik baru bagi wisatawan untuk berkunjung ke Desa Silungkang Duo ini," sebut dia.