Rektor UNP kunjungi LIPIA Jakarta bahas kerja sama ilmu keislaman

id berita padang,berita sumbar,unp

Rektor UNP kunjungi LIPIA Jakarta bahas kerja sama ilmu keislaman

Rektor UNP, Prof Ganefri, Ph.D (dua kiri) berfoto bersama Pimpinan LIPIA Jakarta, Dr Bandar bin Sa`ad al-Alam (dua kanan). (Antarasumbar/Humas UNP Padang)

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di UNP,
Padang (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof Ganefri, Ph.D melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) di Indonesia yang berpusat di Jakarta guna membahas kerja sama.

Ganefri di Padang, Selasa, mengatakan kunjungan tersebut diprakarsai oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia dengan tujuan untuk membicarakan beberapa kerja sama yang bisa dilakukan oleh kedua pihak.

"Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di UNP, terutama yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Arab dan ilmu keislaman," ucap Rektor.

Sebelumnya, LIPIA juga telah mengirimkan lebih kurang 150 judul literatur berbahasa Arab yang disumbangkan untuk mendukung kegiatan sivitas akademika UNP di Saudi Center.

Saudi Center yang berada di UNP akan diresmikan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia pada Januari 2022.

Dalam kunjungan ke LIPIA Jakarta pada Senin tersebut, kedatangan Rektor UNP diterima baik oleh Pimpinan LIPIA Jakarta yang baru saja ditugaskan di Indonesia yakni Dr Bandar bin Sa`ad al-Alam.

Kunjungan yang berlangsung lebih kurang satu jam tersebut juga membicarakan tentang MoU antara Universitas Negeri Padang dengan Al-Imam University yang merupakan induk dari LIPIA Jakarta yang berpusat di Riyadh, Kerajaan Arab Saudi.

Dengan adanya MoU tersebut, maka Universitas Negeri Padang lebih siap dan leluasa dalam melakukan berbagai kegiatan dengan LIPIA, termasuk rencana pembukaan Cabang LIPIA di Padang.

Dalam waktu dekat, Dr Bandar bin Sa`id al-Alam berjanji akan mengunjungi UNP dan ini akan menjadi kunjungan kerjanya pertama kali ke universitas semenjak beliau ditugaskan di Indonesia.

"Tentu hal yang demikian menjadi sebuah kehormatan bagi UNP untuk menjamu beliau di Padang untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa UNP," kata dia.

Ia berharap, semoga pertemuan ini menjadi pertemuan yang diberkahi sehingga mampu memberikan kebaikan bagi masa depan UNP dan masyarakat muslim Sumatera Barat.

Dipenghujung kegiatan, Dr. Bandar bin Sa`id al-Alam menyerahkan cendramata kepada Rektor UNP berupa sebuah kaligrafi yang bertuliskan Ganefri dalam Bahasa Arab yang ditulis tangan oleh seorang kaligrafer handal di sana.

Selain itu, ia juga menyerahkan plakat kenang-kenangan. Selanjutnya Rektor dan segenap tamu undangan disuguhi makan siang dengan menu Arab Saudi dan ditutup dengan foto bersama.