UM Sumbar lepas Sarjana Teknik melalui Inaugurasi Persaudaraan Tanpa Batasan

id UM Bukittinggi

UM Sumbar lepas Sarjana Teknik melalui Inaugurasi Persaudaraan Tanpa Batasan

Inaugurasi Mahasiswa FT UM Sumbar di Bukittinggi. (ANTARA/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumbar) melepas secara resmi wisudawan dari Fakultas Teknik ke-69 melalui acara Inaugurasi yang bertema Persaudaraan Tanpa Batasan di Kampus III Bukittinggi, Minggu.

UM Sumbar melepas 75 orang wisudawan Fakultas Teknik yang berasal masing-masing dari 58 Sarjana dari Teknik Sipil, 16 Sarjana dari Teknik Mesin dan satu orang dari Sarjana Teknik Elektro yang sebelumnya sudah diwisuda pada 6 November.

Dekan Fakultas Teknik UM Sumbar, Masril mengatakan tema Persaudaraan Tanpa Batasan memiliki arti bahwa setiap wisudawan atau alumni hanya berpisah sementara dengan kampus dan tetap bersinergi antar mahasiswa dan seluruh akademika.

"Mari gandeng sesama lulusan dalam dunia kerja dan juga jembatani alumni yang baru dengan yang lama, alumni Fakultas Teknik yang jumlahnya sudah ribuan agar dapat bekerjasama dengan kampus di masa depan serta tetap menjaga nama baik Muhammadiyah," kata Masril di Bukittinggi, Minggu.

Ia mengatakan, Aset Fakultas Teknik melalui Agritasi Internasional seperti gelar Doktor yang sudah diraih puluhan dosen terus ditingkatkan demi kualitas lulusan UM Sumbar.

"Ada tiga orang dosen kita yang bergelar Doktor dan sebelas dosen yang sedang mengejar gelar itu, mari sama kita besarkan FT UM Sumbar yang berangkat dari kesederhanaan hingga menjadi kampus besar dan terkenal seperti saat ini," kata dia.

Masril menambahkan harapannya agar seluruh alumni tetap mengingat UM Sumbar setelah diwisuda dan aktif memberikan masukan dan partisipasinya dalam seluruh kegiatan di masa depan.

"Besar harapan kepada alumni untuk tetap ingat dan mengenang FT, kita sama lahir dari tempat ini yang merupakan ibu kedua yang memberi gelar kesarjanaan, berkiprahlah dengan tetap mengenang asal, dan saat sukses tetap aktif demi akreditasi kampus," kata dia.

Wakil Dekan FT UM Sumbar, Hariadi mengatakan pihaknya tetap aktif melaksanakan program untuk memacu prestasi mahasiswa dan kampus secara umum.

"Seperti adanya pertukaran mahasiswa yang kini dilakukan ke Makasar dan Manado, kita butuh dukungan semua pihak untuk membesarkan kampus, kita juga teima kritik dan saran serta masukan demi perubahan FT, selamat bertransformasi dari mahasiswa menjadi wisudawan, sukses dalam pekerjaan nanti," kata Hariadi.

Fakultas Teknik UM Sumbar saat ini telah mewisuda sekitar 1.500 mahasiswa dan memiliki 980 orang mahasiswa aktif yang diikutsertakan dalam program nasional dari Kementerian Pendidikan untuk beragam prestasi dan beasiswa.*
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2021