Dosen UNP beri pelatihan pengelolaan pembelajaran daring bagi guru SMK

id UNP, guru SMK, ketenagalistrikan, pembelajaran daring

Dosen UNP beri pelatihan pengelolaan pembelajaran daring bagi guru SMK

Tim Pengabdian LP2M UNP bersama peserta foto bersama. (ANTARA/HO-Doc. Pribadi)

Padang (ANTARA) - Dosen UNP memberikan pelatihan reskilling dan upskilling pengelolaan pembelajaran daring bagi guru-guru SMK teknik ketenagalistrikan sebagai upaya mengatasi kesenjangan kemampuan penggunaan teknologi informasi.

Dalam menyikapi transformasi digital dan revolusi industri 4.0 yang sedang terjadi pada saat ini memunculkan paradigma baru dalam pendidikan vokasional.

Perubahan yang terjadi secara sistematis memicu perlunya rekontruksi disain pembelajaran pendidikan vokasional, kata salah seorang tim Fivia Eliza, S.Pd., M.Pd seperti dalam rilis diterima, Rabu.

Menurutnya, pembelajaran pada era transformasi digital mendorong pengembangan ketrampilan pendidik untuk cros skill antara core competensi yang dimiliki dengan perkembangan teknologi infromasi dan Internet of Thing (IOTs).

Peluang tersebutlah yang ditangkap oleh Tim Pengabdian Kepada Masayarakat Fakultas Teknik UNP yang terdiri dari Fivia Eliza, S.Pd., M.Pd., Asnil, S.Pd., M.Eng., dan Vera Irma Delianti, S.Pd., M.Pd.T.

Beberapa peserta bersama pemateri/instruktur. (ANTARA/HO-Doc. Pribadi)


Kegiatan yang bertema Pendampingan dan Pelatihan Pengembangan Layanan Digital Pembelajaran Sebagai Sumber Media dan Sumber Belajar di Era Revolusi Industri 4.0 pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Teknik Ketenagalistrikan di Sumatera Barat.

Tujuan dari kegiatan ini dilakukan sebagai upaya dalam mengatasi kesenjangan kemampuan TI dan reskilling kemampuan mengajar guru Teknik Ketenagalistrikan se-Sumatera Barat sesuai dengan perkembangan transformasi digital.

Pelaksanaan kegiatan telah berlangsung dari 27 – 30 September 2021 tersebut dilaksanakan dalam bentuk Intensive Course.

Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tergabung sebagai anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Sumatera Barat.

Karena kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam masa Pandemi COVID-19, maka peserta hanya diwakili oleh beberapa SMK saja sesuai dengan hasil koordinasi dengan Ketua MGMP Teknik Ketenagalistrikan Sumatera Barat Drs. Dahmet.

Tim Pengabdian LP2M UNP bersama peserta foto bersama. (ANTARA/HO-Doc. Pribadi)


Peserta yang terlibat secara offline seperti dari SMKN 1 Padang (3 orang), SMKN 1 Sumbar (3 orang), SMKN 5 Padang (3 orang), SMKN 1 Pariaman (2 orang), SMKN 2 Lubuk basung (1 orang), SMKN 1 Tanjung raya (2 orang), serta SMKN 1 Tilatang Kamang (1 orang).

Materi pertama yang disajikan oleh pemateri Muhammad Hakiki S.Pd., M.Pd.T tentang pemanfaatan google site sebagai media pembelajaran digital yang dapat digunakan oleh guru sebagai sumber belajar digital untuk siswa.

Materi kedua yang disajikan oleh pemateri Radinal Fadli, S.Pd., M.Pd.T yakni mendorong sekolah untuk menggunakan Learning Management System sendiri sebagai upaya untuk menyediakan platform pembelajaran digital dengan pelatihan penggunaan LMS Berbasis Moodle.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah terlaksana dengan baik dan lancar. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah meningkatnya kompetensi guru SMK Teknik Ketenagalistrikan dalam merancang proses pembelajaran daring yang dibuktikan dengan hasil rancangan E-Learning peserta sesuai dengan mata pelajarnnya masing-masing.

Suasana Pelatihan di Hotel UNP yang diselenggarakan tim pengabdian untuk guru-guru SMK Ketenagalistrikan. (ANTARA/HO-Doc. Pribadi)


Selain itu, juga meningkatnya keyakinan dan kepercayaan diri guru SMK dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam layanan digital pembelajaran.

Kegiatan ini akan terus dilanjutkan sesuai dengan masukan dari peserta terkait tema selanjutnya adalah menggunakan jenis media interaktif lainnya.

Sedangkan untuk kegiatan selanjutnya diharapkan jumlah peserta dapat ditingkatkan dan sebaiknya pelatihan juga diberikan kepada siswa SMK.

Hasil Pengelolaan LMS salah satu peserta. (ANTARA/HO-Doc. Pribadi)
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2021