Sejumlah masjid hingga aula sekolah disiapkan bagi arena iven nasional tingkat Pasaman

id berita pasaman,berita sumbar,mtq

Sejumlah masjid hingga aula sekolah disiapkan bagi arena iven nasional tingkat Pasaman

Bupati Pasaman, Benny Utama foto bersama dengan forkopimda di Lubuk Sikaping. (Antarasumbar/Septria Rahmat)

MTQ tersebut diadakan 3 hingga 6 Oktober 2021 melombakan 12 cabang,
Lubuk Sikaping (ANTARA) - Sebanyak 1.275 orang peserta mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-49 Tingkat Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) di berbagai masjid hingga aula sekolah di daerah itu.

Pembukaan MTQ ke-49 Tingkat Kabupaten Pasaman dibuka di Pasaman Islamic Centre, Kecamatan Lubuk Sikaping, Senin, dihadiri Bupati Pasaman, Benny Utama, Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, Ketua MUI Pasaman, Forkopimda dan lainnya.

Ketua LPTQ Pasaman, Maraondak mengatakan jumlah peserta yang ikut MTQ ke-49 berjumlah 1.275 orang, terdiri dari Kafilah 615 orang, Oficial 360 orang, Panitia dan Tim Kerja 175 orang, dan dewan hakim 125 orang.

MTQ tersebut diadakan 3 hingga 6 Oktober 2021 melombakan 12 cabang. Pelaksananya acara tersebar di Kecamatan Lubuk Sikaping.

Ia menjelaskan adapun tempat, cabang perlombaan yakni Cabang Qiraat Sab'ah dan Tilawah Dewasa di Islamic Centre, Cabang Tahfidz satu Juz Non Tilawah dan lima Juz Tilawah di Masjid Jihad Ambacang Anggang. Cabang Tafidz satu Juz Tilawah dan lima Juz Non Tilawah di Masjid Al Ikhlas Panapa.

Selanjutnya Cabang Tartil Menengah dan Umum di Masjib Taqwa Tanjung Beringin, sedangkan Tartil Dasar Tilawah Anak-anak di Masjid Al Ikhlas Jorong III Tanjung Beringin.

Kemudian Cabang Tilawah Anak-anak dan Tilawah Remaja di Masjid Ath Tharah Kodim 0305 Pasaman. Cabang Khotbah Jumat dan Cabang Kitab Standar di Masjid Nurul Hikmah dan Aula Kantor Kemenag Pasaman.

Terakhir Cabang Musabaqah Fahmil Quran di Aula MAN 1 Pasaman, Cabang Khattil (Kaligrafi) Qur'an di Aula SMA Negeri 2 Lubuk Sikaping, Cabang Musbaqah Syahril Quran di MTsN 1 Pasaman dan Cabang Musabaqah Makalah Ilmu Qur'an di Aula SD 05 Lubuk Sikaping.

Ia menuturkan MTQ ke 49 tersebut mengusung tema kita implementasikan nilai-nilai kandungan Al-Quran dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara demi terwujudnya Pasaman yang lebih baik dan bermartabat.

Sementara Benny Utama mengatakan lantunan ayat suci Al- Quran dapat menyejukkan hati dan qalbu, apalagi dimasa pandemi COVID-19.

Momen MTQ ini ikut mendorong semaraknya bacaan ayat suci Al-Quran oleh anak nagari di seluruh Masjid hingga Mushala di Pasaman setiap harinya.

"Sekaligus ajang pemantapan bagi kafilah Pasaman yang akan mengikuti lomba MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada bulan November 2021 di Padang Panjang," ujarnya.