Wako Bukittinggi ajak ASN bantu warga terdampak ekonomi akibat pandemi

id Erman Safar,ASN bantu warga terdampak ekonomi akibat pandemi,berita Bukittinggi,berita sumbar

Wako Bukittinggi ajak ASN bantu warga terdampak ekonomi akibat pandemi

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar meminta kepedulian ASN untuk membantu warga sekitar yang terdampak ekonomi akibat pandemi. (Antara/Ho-Kominfo)

Bukittinggi, (ANTARA) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengarahkan Gerakan Solidaritas di masa pandemi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada warga sekitar yang terdampak perekonomiannya saat ini.

"ASN yang umumnya memiliki penghasilan tetap, kita minta untuk membantu warga di sekitarnya dalam masalah ekonomi khususnya, karena pada kondisi paceklik karena pandemi ini, kebersamaan dan kepedulian sosial menjadi modal utama untuk bertahan," kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Rabu.

Ia mengatakan, peran penanganan dampak pandemi COVID-19 memang sebagian besar menjadi tanggung jawab pemerintah, namun setiap warga dapat ambil bagian untuk menopang saudara sesama.

Aparatur Sipil Negara (ASN), dalam konteks organisasi dituntut untuk berkreasi dan berinovasi untuk memunculkan program-program yang sederhana namun bermanfaat langsung bagi warga.

Di sisi lain ASN sebagai bagian masyarakat merupakan figur yang dapat memberikan pengaruh, mengajak untuk kebaikan di lingkungan tempat tinggalnya.

"Sebagai individu, ASN menjadi kelompok yang berpenghasilan tetap pada masa paceklik pandemi ini, kita minta berinisiatif menggerakkan putaran roda ekonomi dengan cerdas dan smart dalam membelanjakan uangnya sedemikian rupa sehingga siklus uang menjadi panjang dan menggerakkan banyak roda ekonomi," kata Wali Kota.

Wali Kota juga meminta bentuk kepedulian kepada masyarakat diwujudkan dalam bentuk kehadiran di tengah warga sertab menjalankan program dan aksi nyata

"Beberapa aksi nyata sederhana yang dapat dilakukan ASN diantaranya, mengurangi volume belanja di retail dan mulai membelanjakan kebutuhan sehari hari di kedai kecil di lingkungan tempat tinggal," kata Erman Safar.

Hal lain yang bisa dilakukan juga seperti membeli produk pangan dan pakaian dari sumber lingkungan terdekat dan enghindari belanja online dari luar kota dan mengutamakan berbelanja dari pedagang di sekitar kota Bukittinggi.

"Mengedepankan pemberian zakat dan sedekah pada kerabat atau tetangga yang diketahui membutuhkan, Semoga Allah mudahkan urusan kita semua Aamiin," tutup Wako.

Arahan Wali Kota ini kemudian disikapi langsung oleh beberapa penyelenggaran pemerintahan di Kota Bukittinggi, diantaranya Camat Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), Nadhiatul Khairiyah.

"Berdasarkan arahan Wali Kota, pemerintah Kecamatan ABTB langsung mengambil kebijakan dengan menjadwalkan kegiatan Jumat Berkah yang menitikberatkan program berbagi di tengah masyarakat," kata Nadia yang menjadi Camat perempuan pertama di Bukittinggi itu.

Ia mengatakan, ABTB telah merumuskan aksi solidaritas terhadap warga yang melibatkan seluruh Kelurahan di daerahnya.

"Saat ini kami di ABTB sedang pematangan rumusan aksi solidaritas terhadap warga, InsyaAllah ini nantinya akan menjadi sebuah gerakan bersama, namun demikian secara insidentil, upaya ke arah itu sudah dilakukan dengan melibatkan ASN dan tokoh masyarakat di setiap kelurahan," kata Nadia. (*)