Selalu terendam banjir, Desrio Putra fasilitasi normalisasi saluran primer di Padang

id berita padang,berita sumbar,derio

Selalu terendam banjir, Desrio Putra fasilitasi normalisasi saluran primer di Padang

Anggota DPRD Sumatera Barat, Desrio Putra dan Kepala Dinas PSDA Sumbar, Rifna mengunjungi kawasan yang akan dinormalisasi pada Rabu (25/8). (Antarasumbar/Mario Sofia Nasution)

Kita meminta Dinas PSDA untuk melakukan penggalian saluran ini agar dapat mengurangi banjir,
Padang (ANTARA) - Anggota DPRD Sumatera Barat, Desrio Putra memfasilitasi pelaksanaan normalisasi drainase saluran primer di kawasan Belimbing Kota Padang yang kerap menyebabkan banjir jika hujan dengan intensitas tinggi terjadi di daerah itu.

"Kita meminta Dinas PSDA untuk melakukan penggalian saluran ini agar dapat mengurangi banjir," kata dia di Padang, Rabu.

Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Barat ini mengatakan pengerjaan normalisasi sesuai permintaan masyarakat yang selalu terkena banjir akibat hujan deras.

Banjir ini terjadi karena air yang hujan tidak tersalurkan dengan baik dan menyebabkan banjir di jalan dan masuk ke pemukiman masyarakat.

Apalagi di Belimbing ini adalah kawasan Perumnas terpadat yang ada di kota ini dan untuk saat ini pihaknya mencoba melakukan normalisasi berupa pengerukan.

"Kita juga mengusulkan di 2022 untuk pembangunan saluran permanen nantinya," kata dia.

Menurut dia pada 2019 memang sudah diusulkan namun karena ada refokusing anggaran COVID-19 sehingga tidak jadi dilakukan dan coba dianggarkan pada tahun depan.

"Normalisasi akan dilakukan di kawasan ini sepanjang 1.200 meter. Air akan disalurkan hingga ke saluran pembuangan," kata dia.

Kepala Dinas PSDA Sumatera Barat, Rifda Suriani mengatakan normalisasi ini menggunakan dana operasional yang sifatnya penggalian.

"Kita tidak bisa membuat permanen karena anggaran sangat terbatas. Ada penggalian dan penggantian gorong-gorong yang rusak di sepanjang saluran ini nantinya," kata dia

Sementara Lurah Belimbing, Kasma Effendi mengucapkan terima kasih dengan aksi normalisasi ini.

"Kita sudah sering usulkan di musrembang namun tidak ada tindaklanjut," kata dia.

Menurut dia saluran air yang rusak ini membuat kawasan Delima Belimbing tergenang air hingga 80 sentimeter ketika hujan deras.

"Kawasan ini dulu merupakan area sawah yang memiliki saluran irigasi yang menyebar dan sekarang sering terjadi banjir," kata dia.