Pemkot Solok harapkan generasi muda lahirkan inovasi atasi pengangguran

id berita solok,berita sumbar,wawako

Pemkot Solok harapkan generasi muda lahirkan inovasi atasi pengangguran

Wawako Solok. (Antarasumbar/Laila Syafarud)

Saya mengapresiasi dan mendukung penuhnya Dinas Kominfo yang telah menggagas dan memfasilitasi kerja sama dengan SociopreneurID sebagai leading sektor urusan teknologi informasi,
Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat mengharapkan para generasi muda (milenial) agar melahirkan inovasi dalam rangka mengatasi pengangguran di daerah itu serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra di Solok, Kamis, mengatakan pembangunan sumberdaya manusia kompetitif yang berdaya saing tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah daerah, perlu adanya kolaborasi dengan semua pihak.

"Untuk itu, kami sangat menyambut baik kampanye aksi kolaborasi membangun pendidikan entrepreneurship yang digiatkan sociopreneur ID melalui serangkaian kegiatan development yang dikenal dengan program empahthy project," ujar dia.

Menurutnya dalam menjalankan bisnis ke dekannya dituntut untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital yang terus berinovasi.

Selain itu, generasi muda era sekarang harus mampu menyiapkan kompetensi, membangun jaringan wirausaha sehingga melahirkan mindset berwirausaha.

"Saya mengapresiasi dan mendukung penuhnya Dinas Kominfo yang telah menggagas dan memfasilitasi kerja sama dengan SociopreneurID sebagai leading sektor urusan teknologi informasi," kata dia.

Selain itu, pandemi COVID-19 telah berdampak terhadap pelemahan perekonomian global, secara umum situasi ini juga berbarengan dengan melimpahnya ketersediaan angkatan muda produktif yang dituntut memiliki daya saing agar mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Begitu pula di Kota Solok tingginya output angkatan muda terdidik perlu untuk segera dilakukan upaya agar dapat berperan dalam pertumbuhan ekonomi lokal, salah satunya melalui penanaman mindset berwirausaha atau lazim dikenal dengan istilah entrepreneurship.

Untuk itu, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pemerintah Kota Solok bekerja sama dengan lembaga Sociopreneur Indonesia mengadakan kegiatan webinar sharing session entrepreneurship untuk membangun mindset wirausaha masyarakat, khususnya generasi muda.

Dhani mengharapkan sumber daya manusia dan infrastruktur yang dimiliki Dinas Kominfo mampu menjembatani proses pembangunan ekosistem entrepreneurship di era digital yang sejalan dengan visi dan misi kepala daerah.

Kegiatan entrepreneurship yang digelar secara daring itu diikuti 100 lebih peserta dari berbagai latar belakang, yakni terdiri dari pelaku usaha, mahasiswa, komunitas kreatif, pegiat pariwisata, akademisi dan ASN lintas perangkat daerah.

Sharing session bertajuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui entrepreneurship ini dipandu oleh Operations Manager SociopreneurID, Heru Wijayanto dengan dua sesi materi yang diberikan oleh Direktur Eksekutif SociopreneurID, Dessy Aliandrina, dan Donni Hadi Waluyo selaku Subject-matter Expert SociopreneurID.