Kecamatan Lubuk Sikaping dan 13 nagari luncurkan inovasi digital Sikencana

id sikencana, berita pasaman, berita sumbar

Kecamatan Lubuk Sikaping dan 13 nagari luncurkan inovasi digital Sikencana

 Bupati Pasaman Benny Utama berdiri sebelah kanan paling tengah nomor tujuh sedangkan Camat Lubuk Sikaping berdiri ditengah sebelah kiri nomor lima. (Antara/HO-Camat Lubuk Sikaping)

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Pemerintah Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman dan dan 13 nagari di wilayah itu meluncurkan inovasi baru Sistem Informasi Kecamatan dan Nagari (Sikencana) untuk menghadirkan keterbukaan informasi publik.

Peluncuran inovasi Sikencana tersebut di hadiri oleh Bupati Pasaman Benny Utama di Kantor Camat Lubuk Sikaping dan di hadiri Wali Nagari se Kecamatan Lubuk Sikaping dan lainnya, Senin (19/7) siang.

"Tujuan dibuatnya Sikencana ialah untuk membuat tata kelola pemerintahan yang lebih baik sesuai dengan visi dari Bupati dan Wakil Bupati Pasaman," kata Camat Lubuk Sikaping, Nina Darmayanti di Lubuk Sikaping, Senin.

Pembuatan progam Sikencana tersebut merupakan gagasan dan Insiatif dari Nina Darmayanti.

Kecamatan Lubuk Sikaping merupakan ibukota Kabupaten Pasaman, tentunya dengan melihat sarana dan prasarana pendukung yang ada, seperti jaringan internet, masyarakat sudah bisa mengakses internet dengan mudah.

Ia menjelaskan dengan kemajuan teknologi digital saat ini, pelayanan publik tidak hanya harus lewat tatap muka akan tetapi bisa secara online.

Selain itu kemudahan yang didapatkan keterbukaan informasi publik, kemudahan administrasi di Kantor Camat hingga Kantor Nagari.

Masyatakat bisa mengakses informasi terkait Kecamatan dan Nagari melalui website secara online, bahkan kedepannya untuk pengembangannya Nagari sudah bisa menyediakan fasilitas layanan mandiri kepada masyarakat.

Salah satu alamat website Kecamatan Lubuk Sikaping dan Nagari yaitu https://lubuksikaping.pasamankab.go.id/ dan https://sundata.opendesa.id/ dan lainnya.

Ia berharap semoga Sikencana benar- benar bisa dimanfaatkan dan dikembangkan secara optimal oleh Kecamatan serta Nagari, tentunya hal tersebut butuh dukungan dari bimbingan SKPD terkait Pemerintahan Kabupaten Pasaman.