Tim Provinsi nilai nagari berprestasi Gurun Panjang Utara di Pesisir Selatan

id berita pesisir selatan,berita sumbar,nagari

Tim Provinsi nilai nagari berprestasi Gurun Panjang Utara di Pesisir Selatan

Suasana penilaian Nagari Gurun Panjang Utara. (Antarasumbar/HO-Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Kegiatan ini bukan hanya seremonial belaka,
Painan, (ANTARA) - Tim penilai nagari berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat menilai Nagari Gurun Panjang Utara, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan yang merupakan nagari berprestasi di daerah setempat tahun ini, Rabu.

"Gurun Panjang Utara merupakan nagari berprestasi di Pesisir Selatan pada 2021, sehingga dengan status tersebut berhak mewakili 181 nagari yang ada pada lomba tingkat provinsi ini," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Sumatera Barat, Syafrizal Ucok disela kegiatan di Pesisir Selatan.

Ia menyebut, penilaian yang laksanakan difokuskan pada pemberdayaan masyarakat yang meliputi langkah-langkah apa saja yang telah dilaksanakan dalam upaya memberdayakan masyarakat.

"Kegiatan ini bukan hanya seremonial belaka, tetapi lebih ditekankan pada evaluasi, dan mengukur sejauhmana peran serta masyarakat dalam pembangunan," ungkapnya.

Sehingga tim yang ditunjuk sebagai penilai, tidak hanya dituntut melihat secara fisik, namun juga mewawancara sejumlah pihak sesuai dengan ekspos yang disampaikan oleh walinagari.

Pada tahapan penilaian, peninjauan lapangan juga dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat secara langsung berbagai kegiatan pemberdayaan dan sejauhmana partisipasi masyarakat.

Plt Asisten I Setkab Pesisir Selatan, Darmadi yang juga hadir dalam kegiatan itu, mengatakan, keberhasilan nagari dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sangat ditentukan oleh kualitas kepemimpinan walinagari dan lembaga kemasyarakatan yang ada.

"Semua itu harus didukung oleh niat, motivasi, kerjasama, koordinasi dan keterbukaan kepada semua pihak," ujarnya.