Ketua DPRD Sumbar ajak masyarakat tunaikan ibadah Ramadhan dengan protokol kesehatan

id DPRD Sumbar, Padang, Safari Ramadhan

Ketua DPRD Sumbar ajak masyarakat tunaikan ibadah Ramadhan dengan protokol kesehatan

Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi memberikan bantuan masjid Rp20 juta saat safari Ramadhan ke Masjid Al Hikmah Berok Kota Padang, Kamis (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi mengajak masyarakat untuk menunaikan ibadah Ramdhan 1442 Hijriah dengan menerapkan protokol kesehatan dalam mengantisipasi penyebaran pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah tahun ini pemerintah telah memperbolehkan ibadah sholat tarawih dan tadarus dilakukan namun pandemi tetap belum berakhir," kata dia saat mendatangi Masjid Al Hikmah Berok Kota Padang bersama Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumbar di Padang, Kamis malam.

Menurut dia tahun ini tentu berbeda dari sebelumnya meski di tengah pandemi umat islam diperbolehkan menggelar ibadah berjamaah di masjid dan musala.

Kementerian Agama telah memberikan arahan terkait pelaksanaan ibadah sholat tarawih dan tadarus di malam hari meski ada pembatasan.

"Kita berharap tentu masyarakat dapat menjalankan ibadah tuntas hingga akhir Ramadhan dan salah satu caranya adalah mengendalikan kasus COVID-19," kata dia.

Menurut dia dari data Dinas Kesehatan Sumbar saat ini muncul kembali daerah merah yang sebelumnya sudah zona hijau.

'Apalagi Kota Padang merupakan pusat kegiatan di Sumbar dan jika daerah lain ada yang merah tentu di sini harus lebih waspada," kata dia

Hal ini tentu harus disikapi secara bijak dengan cara menaati aturan protokol kesehatan di masjid dan musala.

"Mari kita sadarkan masyarakat bahwa pandemi ini nyata dan ada, sudah banyak pejabat dan ulama yang meninggal dunia akibat pandemi," kata dia.

Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumbar yang dipimpin Ketua DPRD Sumbar Supardi didampingi Kepala DMPTSP Sumbar Maswar Dedi, Kadis Pendidikan Adib Alfikri, Sekwan DPRD Raflis, Plt Kabag Persidangan Laswardi, Biro Bina Mental Pemrprov Sumbar dan ustadz Baharuddin Jamin dan lainnya.

Selain memberikan arahan dan nasihat, Tim Safari Ramadhan Sumbar memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp20 juta kepada pengurus Masjid Al Hikmah Berok Kota Padang.