Berjiwa sportif, Cabup Pasaman Barat Erick Hariyona ucapkan selamat kepada Hamsuardi-Risnawanto

id berita pasaman barat,berita sumbar,erick

Berjiwa sportif, Cabup Pasaman Barat Erick Hariyona ucapkan selamat kepada Hamsuardi-Risnawanto

Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat nomor urut 3, Erick Hariyona-Syawal Suro (mengangkat tangan) saat pencabutan nomor urut di KPU setempat beberapa waktu lalu. Ia mengucapkan selamat kepada Paslon nomor urut 1, Hamsuardi-Risnawanto yang unggul di Pilkada 2020. (antarasumbar/Istimewa)

Kita berlapang dada menerima hasil hitungan cepat ini,
Simpang Empat (ANTARA) - Calon Bupati (Cabup) Pasaman Barat, Sumatera Barat nomor urut 3, Erick Hariyona mengucapkan selamat kepada Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1, Hamsuardi-Risnawanto yang unggul diperhitungaan cepat Pilkada di daerah itu.

Menurut Erick berdasarkan hitungan cepat yang dilakukan oleh tim Erick-Syawal mereka ini berada pada posisi ketiga dari lima pasangan calon (paslon) yang bertarung pada Pilkada 2020.

"Kita berlapang dada menerima hasil hitungan cepat ini. Kita harus mengakui, agar suhu dalam pesta demokrasi ini kembali normal dan berharap pasangan yang menang bisa memberikan terbaik untuk masyarakat," tambahnya di Simpang Empat, Kamis.

Menurutnya langkah itu dilakukannya agar Pilkada di Pasaman Barat menjujung nilai-nilai sportifitas, sehingga para pendukung tidak saling berbenturan di lapangan sambil menunggu pengumuman resmi KPU terkait.

"Kita harus jadi contoh buat rakyat. Jangan malu mengucapkan selamat kepada pasangan calon (paslon) yang dinyatakan memenangkan perhitungan suara cepat," ujarnya.

Meskipun belum berhasil memenangkan Pilkada, ia merasa bertanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Pasaman Barat.

"Saat ini demi kepentingan masyarakat Pasaman Barat dan dengan segala kerendahan hati, saya ingin menitipkan segala simpatisan dan pendukung kepada kandidat yang unggul," katanya.

Ia menegaskan akan tetap membangun Pasaman Barat dengan cara lain. Ia tidak ingin memutus hubungan baik saya dengan masyarakat dan ingin terus merajut hubungan silaturahmi.

Baginya, kalah menang itu adalah sebuah konsekuensi. Kalau boleh memilih, siapa yang ingin kalah. Namun ia harus profesional menyampaikan perolehan suara yang diraih.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf, jika selama ini ada dalam tahapan kampanye terjadi gesekan oleh timnya maupun simpatisan baik secara langsung dan tidak langsung terhadap lapisan masyarakat.

"Saya memohon maaf kepada masyarakat. Saya juga meminta, kepada simpatisan dan masyarakat pemilih saya agar mendukung siapa pun kandidat yang diputuskan oleh KPU nanti," katanya.

Selain itu, ia juga berharap kepada timnya agar selalu siap nantinya jika dibutuhkan pemikiran dan masukannya untuk bersama-sama membangun Pasaman Barat oleh kandidat terpilih kedepannya.

"Mari kita berjiwa besar. Bantu pemimpin kita. Selain itu, jika ada janji kampanye dalam hal pembangunan dalam tahapan kampanye, saya berharap anggota dewan dalam partai pengusung saya untuk merealisasikan itu," tegasnya.

Dari hasil hitung cepat sementara yang dilakukan oleh tim Erick-Syawal untuk pasangan calon nomor urut 1, Hamsuardi-Risnawanto meraih kemenangan dengan perolehan suara mencapai 30 persen lebih. Paslon nomor urut 2, Maryanto-Yulisman meraih sekitar 10 persen.

Selanjutnya paslon nomor urut 3, Erick Hariyona-Syawal memperoleh 18 persen. Seterusnya paslon nomor urut 4, Yulianto - Syafrial meraih 27 persen dan terakhir paslon nomor urut 5 Agus Susanto-Rommy Candra meraih sekitar 13 persen. ***2***