Legislator: lomba video kreatif, Pemkot Pariaman dapat mengasah bakat generasi muda

id video kreatif,pariaman,gerindra,dprd pariaman

Legislator: lomba video kreatif, Pemkot Pariaman dapat mengasah bakat generasi muda

Anggota DPRD Kota Pariaman, Sumatera Barat dari Fraksi Gerindra Harpen Agus Bulyandi. (ANTARA/Aadiaat M.S.)

Pariaman (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Pariaman Harpen Agus Bulyandi mengatakan lomba video kreatif yang diselenggarakan oleh pemerintah kota (Pemkot) setempat dapat menjadi ajang untuk mengasah bakat kreativitas generasi muda di daerah itu.

"Sebenarnya generasi muda di Pariaman yang menguasai teknologi informasi, fotografi, dan membuat video kreatif sudah banyak," katanya di Pariaman, Selasa.

Legislator dari Fraksi Gerindra itu mengatakan hal itu karena generasi muda di Pariaman sudah banyak yang menempuh pendidikan bidang seni, multimedia, dan teknologi informasi yang tidak saja di SMK namun juga di perguruan tinggi ternama.

Menurutnya dengan adanya lomba tersebut maka ilmu yang dipelajari selama ini bisa diterapkan bahkan dapat ditingkatkan yang tidak saja berdampak pada generasi muda itu namun juga bagi daerah sebagai objek lomba.

"Jadi pada lomba itu yang diangkat kan tentang potensi yang ada di desa, hal ini dapat mengangkat pariwisata Kota Pariaman," katanya.

Ia berharap dalam mengangkat potensi desa untuk dipromosikan melalui video kreatif tersebut hendaknya bervariasi agar masyarakat luas dapat mengetahui bahwa Pariaman memiliki banyak lokasi yang dapat dikunjungi untuk mengisi hari libur.

"Pariaman kan kota wisata, jadi potensinya tidak saja laut dan pulau namun juga bukit, sawah, dan sungai serta hal lainnya," ujarnya.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat melatih generasi muda di desa dan kelurahan agar bisa membuat video kreatif guna meningkatkan promosi wisata dan potensi yang dimiliki daerah itu.

"Setiap desa mengirimkan warga aslinya untuk mengikuti pelatihan dan kami akan melatih mereka mungkin hingga lima atau enam tahun ke depan (untuk membuat video kreatif)," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono usai Pembukaan Workshop Lomba Video Kreatif Antar Desa dan Kelurahan di Pariaman Timur, Kamis.

Ia mengatakan dipilihnya warga asli desa tersebut agar muncul generasi muda kreatif se-Kota Pariaman dan membuat video potensi yang ada di daerahnya masing-masing.

"Warga dari luar desa tidak kami izinkan tapi kalau hanya sebagai pembimbing boleh," katanya.

Video tersebut, lanjutnya diunggah di akun media sosial resmi agar dapat diakses oleh warganet sehingga potensi yang dimiliki diketahui oleh masyarakat luas. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar