Warga Padang kumpulkan donasi Rp300 juta untuk Palestina dan Lebanon

id Sumbar, Padang, donasi, palestina, lebanon

Warga Padang kumpulkan donasi Rp300 juta untuk Palestina dan Lebanon

Penyaluran donasi warga Padang untuk Lebanon dan Palestina melalui ACT Sumbar (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Warga di kota Padang, Sumatera Barat mengumpulkan donasi sebesar Rp300 juta yang akan disumbangkan untuk warga di Palestina dan Lebanon.

President ACT Ibnu Khajar melalui keterangan diterima di Padang, Minggu, mengatakan donasi untuk Palestina dan Lebanon disampaikan oleh Wali Kota Padang Mahyeldi kepada Kepala Cabang ACT Sumbar Zeng Wellf dalam Talkshow Nasional Buku Buya Hamka berjudul Setangkai Pena di Taman Pujangga, Sabtu(15/8) di Padang.

"Kami memberikan apresiasi pada warga di Padang yang begitu dermawan. Wali kotanya juga sukses menggerakkan hati masyarakat agar mau berbagi dengan saudara kita di Palestina dan Lebanon yang sedang dalam kondisi sulit," katanya.

Donasi tersebut disalurkan untuk Palestina sebesar Rp200 juta dan untuk masyarakat Lebanon sebesar Rp100 juta.

Ia berharap kedermawanan warga Padang dapat menjadi contoh bagi warga di kabupaten dan kota lain di Sumbar sehingga tidak hanya program untuk Palestina dan Lebanon namun program lainnya di bidang kemanusiaan juga dapat berjalan.

ACT menjalankan sejumlah program untuk warga Palestina seperti sumur wakaf, sedekah Al Quran, penyediaan air bersih, layanan kesehatan dan lainnya.

Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan donasi itu dikumpulkan saat pelaksanaan salat Idul Fitri dan Idul Adha beberapa waktu lalu.

"Masyarakat sangat peduli dengan saudara Muslim di Palestina dan Lebanon sehingga donasi tersebut dapat terkumpul. Semoga kebaikan warga Padang juga berbuah kebahagiaan untuk saudara kami di sana," katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada ACT yang sudah menjembatani kedermawanan masyarakat dan salah satu bentuk bantuan warga Padang yang sudah dirasakan oleh warga Palestina yaitu satu unit ambulan yang beroperasi memberikan pelayanan di Gaza