Dompet Dhuafa Singgalang sebut total dana kurban tahun ini capai Rp1 miliar

id Berita Padang, sumbar terkini, Dompet Dhuafa Singgalang

Dompet Dhuafa Singgalang sebut total dana kurban tahun ini capai Rp1 miliar

Perjalanan tim Tebar Hewan Kurban (THK) DD Singgalang saat mendistribrusikan hewan kurban ke Sungai Beremas, Air Bangis, Pasaman Barat (Antara/ist)

Padang, (ANTARA) - Kendati di tengah pandemi Corona Virus Disaese (COVID-19) Dompet Dhuafa Singgalang (DDS) menyebutkan total dana kurban yang terkumpul tahun ini meningkat mencapai Rp1 miliar jika dibandingkan dengan tahun lalu hanya Rp800 juta.

"Alhamdulillah tahun ini DDS mampu capai growth atau pertumbuhan 21 persen dari tahun 2019," kata Ketua THK 1441 Hijriah Dompet Dhuafa Singgalang Ratri Devy Arimbi, saat dihubungi dari Padang, Senin.

Ia bersyukur kendati di tengah pandemi COVID-19 yang tentunya akan menjadi tantangan tersendiri dalam menarik minat para donatur untuk berkurban. Namun di luar dugaannya, total dana kurban lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kita bisa simpulkan, pada kurban tahun ini rasa kepedulian mitra corporate atau perusahaan tinggi terhadap masyarakat," ujar Rara.

Kemudian Rara menyampaiakan terkait kerjasama pelaksanaan kurban bersama perusahaan ada yang langsung menyalurkan kurban via Corporate Social Responsibility (CSR) dan ada juga dari karyawan secara langsung.

"Corporate mempercayai kurbannya melalui DDS, ini bertujuan agar penyaluran kurban merata untuk masyarakat yang sangat membutuhkan daging hewan kurban," kata dia.

"Ini pencapaian yang luar biasa Alhamdulillah, atas kerjasama seluruh tim DDS, seluruh tim-tim di lapangan serta seluruh mitra, mereka kooperatif dalam program tebar hewan kurban dan semangat dalam proses penyaluran," ujar Rara lagi.

Saat ini, kata dia tim tengah menyelesaikan laporan untuk donatur atau pekurban. Kemudian para tim akan mengupayakan laporan ke donatur dan corporate secepat mungkin, agar donatur merasa puas, dan juga untuk meningkatkan trust ke donatur.

"Laporan bagus dan komplit nantinya akan besar pengaruhnya terhadap donatur untuk menambah kepercayaan," pungkas Rara.

Disamping itu seorang perwakilan mitra corporate Hayatul Islami selaku Relationship Manager CIMB Niaga Syariah KCS Padang mengatakan terkait kerjasama pelaksanaan kurban di tahun sebelumnya terkait penyaluran kurban atas permintaan kantor pusat.

"Kita serentak dibantu oleh mitra kita oleh salah satu NGO, namun untuk tahun ini kita dibebaskan oleh pusat utk memilih Mitra, dan tahun ini kita mempercayai penyaluran kurban melalui Dompet Dhuafa Singgalang," tutur Hayat.

"Kami yakin dan sudah melihat bahwa Dompet Dhuafa Singgalang sangat amanah, tepat sasaran dan sesuai dengan harpan kami dalam penyaluran hewan kurban," kata Hayat.

Melalui tagline program kurban CIMB Niaga Syariah tahun ini "Tebar Qurban - Program Peduli Idul Adha 1441 H" CIMB Niaga Syariah menargetkan beberapa sasaran utama.

"Kita targetkan kurban ini untuk saudara-saudara kita yang kurang beruntung, atau boleh dikatakan bagi mereka menantikan makan daging hanya bisa 1 kali setahun, disamping itu dengan tujuan berbagi kebahagiaan di hari Raya Iduladha 1441 H," papar Hayat.

Ia juga berterimakasih kepada DDS atas bantuan dan kerja sama dalam penyaluran kurban yang sudah terlaksana dengan baik dan sesuai harapan.

Ia berharap kerja sama tersebut bisa terus terjalin dan bisa lebih berkembang lagi terutama dalam hal kemanusiaan. (*)