Antispasi COVID-19, pedagang-pembeli di Pasar Muaro Kiawai Pasbar dihimbau pakai masker (Video)

id berita pasaman barat,berita pasaman,covid-19,masker,cuci tangan,camat,muaro kiawai

Antispasi COVID-19, pedagang-pembeli di Pasar Muaro Kiawai Pasbar dihimbau pakai masker (Video)

Camat Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat Randy Hendrawan bersama Forkopimca, Satpol PP dan Puskesmas melakukan himbauan ke pasar Muaro Kiawai agar pedagang dan pembeli pakai masker antisipasi COVID-19. (antarasumbar/Istimewa)

Pasar merupakan tempat transaksi jual beli antara pembeli dan penjual. Kontak langsung sangat riskan terjadi,
Pasaman Barat (ANTARA) - Camat Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat (Sumbar), Randy Hendrawan melakukan himbauan ke Pasar Muaro Kiawai untuk mengingatkan pedagang dan pembeli memperhatikan protokol kesehatan antisipasi pandemi COVID-19, Kamis.

"Pasar merupakan tempat transaksi jual beli antara pembeli dan penjual. Kontak langsung sangat riskan terjadi," katanya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, Satpol PP dan pihak Puskesmas saat menemui pedagang di Pasar Muaro Kiawai.

Ia menambahkan pasar sebagai tempat terjadinya keramaian juga harus memperhatikan protokol kesehatan.

Ia bersama pihak terkait tidak bosan-bosannya menemui pedagang, berkeliling pasar mengajak pedagang dan warga yang ke pasar untuk memakai masker.

"Kita menegaskan agar pedagang dan pembeli memakai masker. Setiap hari terus kami ingatkan untuk antisipasi COVID-19," ujarnya.

Manurutnya berkaca pada daerah lain seperti Padang dan Payakumbuh, salah satu tempat yang rawan penyebaran virus itu adalah di pasar.

Untuk itu, ia mengajak pedagang dan pembeli memakai masker setiap hari. Selain itu juga sering cuci tangan pakai sabun.

"Kita tidak bisa menghentikan pedagang dan pembeli ke pasar. Tetapi bagi pembeli, belilah seperlunya dan langsung pulang ke rumah. Bagi pedagang juga harus memakai masker dan menjaga kebersihan," terangnya.

Ia mengharapkan kepada masyarakat agar selalu memperhatikan protokol kesehatan penanganan COVID-19. Pakai masker, sering cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak.

"Mari ikuti anjuran pemerintah dalam upaya mengatasi COVID-19. Mudah-mudahan wabah ini segera berakhir," harapnya. ***1***