Warga Solok Selatan positif COVID-19 tambah satu, total jadi empat orang dari satu keluarga

id Abdul Rahman, Pasien positif COVID-19 Solok Selatan,berita Solok Selatan,Solok Selatan terkini,berita sumbar,sumbar terkini, Pasien positif COVID-19 S

Warga Solok Selatan positif COVID-19 tambah satu, total jadi empat orang dari satu keluarga

Pelaksana Tugas Bupati Solok Selatan Abdul Rahman. (ANTARA/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Warga Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang positif terpapar COVID-19 bertambah satu orang sehingga sekarang totalnya menjadi empat orang.

"Satu orang tambahan yang dinyatakan positif COVID-19 yaitu DA yang merupakan suami dari YT pasien positif pertama di kabupaten itu dengan riwayat perjalanan dari Padang," kata Pelaksana Tugas Bupati Solok Selatan Abdul Rahman di Padang Aro, Selasa.

Dia mengaku mendapatkan informasi penambahan satu orang positif COVID-19 langsung dari Gubernur Sumbar melalui sambungan telepon seluler maupun pesan singkat.

Baca juga: Flash - Tiga warga Solok Selatan positif COVID-19, Solok Selatan kehilangan status daerah teraman

Satu orang tambahan ini hanya gejala ringan, dan akan dibawa ke Balai Diklat Sumbar untuk dikarantina.

Saat ini empat warga yang dinyatakan positif COVID-19 merupakansatu keluarga yang berdomisili di Batang Limpauang, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh dengan riwayat perjalanan dari Padang.

Dia menjelaskan, setelah diumumkannya tiga warga Solok Selatan positif COVID-19 pada Rabu (6/5) pemerintah setempat telah melakukan pelacakan.

Pelacakan pertama didapat 65 orang dan diambil sampelnya untuk dilakukan tes swab, dan hasilnya satu orang dinyatakan positif yang merupakan suami dari pasien positif satu.

Baca juga: Tiga pasien positif COVID-19 Solok Selatan satu keluarga, satu ASN guru perjalanan dari Padang, berikut kronologinya

Dari 65 sampel yang dikirim ke laboratorium katanya, sembilan orang di antaranya dilakukan pemeriksaan ulang.

Sedangkan untuk pelacakan katanya sampai saat ini juga masih dilakukan oleh pemerintah setempat dan bagi warga yang merasa pernah kontak dengan ke empat pasien tersebut diharapkan melaporkan diri secara sukarela.

Sebelumnya tiga warga yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 di Kabupaten Solok Selatan yaitu YT (55), kemudian ibunya YS (80) dan anak dari YT yaitu AA (18) warga Batang Limpauang Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

Pasien YT pergi ke Padang bersama suami dan anaknya untuk menemui anaknya yang kuliah di sana, dan kembali ke Solok Selatan pada 19 April.

YT dan suaminya merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja sebagai guru, sedangkan anaknya masih berstatus mahasiswa. (*)

Baca juga: Dinkes Solok Selatan tutup pelayanan Puskesmas Pakan Rabaa tempat pasien positif COVID-19 pernah berobat
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar