Anggota DPRD Payakumbuh produksi 15.000 masker untuk dibagikan ke masyarakat

id Yernita ,bagikan masker,berita sumbar,berita Payakumbuh,Payakumbuh terkini

Anggota DPRD Payakumbuh produksi 15.000 masker untuk dibagikan ke masyarakat

Anggota DPRD Kota Payakumbuh Fraksi Gerindra Yernita saat melakukan penyemprotan secara simbolis di Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Selasa (7/4). (ANTARA/Akmal Saputra)

Payakumbuh, (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Fraksi Gerindra Yernita menyebutkan pihaknya saat ini tengah memproduksi 15.000 masker kain yang akan dibagikan kepada masyarakat.

"Bahannya sudah ada, diperkirakan total masker yang dapat dibuat dari bahan yang dibeli sebanyak 15.000 masker," kata Yernita di Payakumbuh, Selasa.

Ia menyebutkan masker tersebut dibuat dengan lubang di tengahnya sehingga bisa dimasukkan tisu dan dipakai berulang oleh masyarakat.

"Masyarakat dapat mengisinya dengan tisu dan tentu dapat dicuci, sehingga bisa dipakai berulang kali," ujar alumni SMAN 1 Payakumbuh 1987 ini.

Saat ini, kata dia, pihaknya bersama dengan penjahit rumahan baru dapat menyelesaikan kurang lebih 300 masker dan sudah dibagikan kepada masyarakat.

"Nanti setelah selesai semuanya akan langsung kami bagikan kepada masyarakat. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi masyarakat kita," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga membagikan sembako dan melakukan penyemprotan disinfektan ke fasilitas umum dan rumah masyarakat di Nagari Koto Nan Ampek. Untuk sembako akan dibagikan kepada masyarakat yang ekonominya terdampak karena COVID-19.

Penyemprotan, dimulai dari kelurahan Padang Tinggi Piliang, kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Mesjid Gadang Koto Nan IV, sarana umum lain dan dilanjutkan dengan rumah masyarakat.

"InsyaAllah semua kelurahan akan kita lakukan penyemprotan dan pembagian masker, untuk tahap awal kita lakukan dibeberapa kelurahan dulu dan menyusul kelurahan lain," sebutnya didampingi Ketua OKK Gerindra Payakumbuh Nasrul K.

Selanjutnya, Yernita mengimbau agar warga untuk tidak risau dan jangan malu untuk melaporkan diri dan keluarga jika ada yang baru datang dari daerah terjangkit COVID-19.

"Laporkan, sehingga pihak Dinas Kesehatan dapat melakukan pemantauan sesuai dengan prosedur. Jadi kita dapat mengurangi penyebaran COVID-19 ini," ujarnya.

Ketua KAN Koto Nan Ampek Dt. Asa Dirajo mengatakan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh anggota DPRD dapil I Kecamatan Payakumbuh Barat ini.

"Mudah-mudahan semua anggota DPRD kita dapat melakukan hal serupa, sehingga seluruh daerah kita di Payakumbuh dapat terhindar dari COVID-19 ini," ujarnya. (*)