Bank Nagari gunakan QRIS permudah nasabah lakukan transaksi saat pandemik COVID-19 (Video)

id bank nagari,Quick Response Indonesian Strandard,virus corona

Bank Nagari gunakan QRIS permudah nasabah lakukan transaksi saat pandemik COVID-19 (Video)

Salah seorang nasabah Bank Nagari Cabang Lubukbasung sedang melakukan transaksi. (ANTARA/HO)

​​​​​​​Lubukbasung,  (ANTARA) - Bank Nagari Cabang Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat telah menerapkan inovasi Quick Response Indonesian Strandard (QRIS) dalam mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi saat wabah Corona Virus Disease (COVID-19).

"Inovasi yang diluncurkan pada awal Maret 2020 itu merupakan solusi untuk nasabah melakukan transaksi dalam membeli kebutuhan di sejumlah toko dan memberikan infak ke masjid," kata Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubukbasung Tasman di Lubukbasung, Senin.

Ia mengatakan QRIS merupakan media sistem pembayaran melalui QR code yang telah terstandar nasional untuk pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking.

Tujuannya mempermudah masyarakat dalam bertransaksi dan dapat terawasi oleh regulator karena sudah satu pintu serta mencegah penularan wabah Corona Virus Disease (COVID-19), karena nasabah tidak bersentuhan langsung dengan uang saat bertransaksi dan cukup menggunakan aplikasi yang ada.

"Jargon dari inovasi itu gampang, aman, untung dan lancar (GAUL)," katanya.

Ia menyebutkan, berdasarkan data Bank Nagari Cabang Lubukbasung sejumlah tokoh, mini market, laundry, rumah makan dan masjid telah melakukab kerjasama seperti, Minimarket Mayang Taurai, Perintis Cell, Hausfea, Farrel Cell, Toko Cahaya Murni, Optik Antokan, Toko Rassaki, Toko Elektronik Simp Talago, D'Laundry, Perintis Stir, Toko Irkham, Toko Jimmy.

Warung Restu Bundo, Eri Laundry, Tunas Advertising , Toko Mangga Dua, Uwaik Pit, TB Mart, Toko Citra, Toko Simpang Raya elektronik, Toko Simpang Raya Pertanian, RM Takana Juo I.

Selain itu, RM Takana Juo II, Sarapan Pagi Murni, Toko Ajirman, infak Masjid Raya Tiku dan Toko P&D Neti Kemala Sari.

Cara belanja dengan QRIS dengan loging aplikasi nagari mobile bangking pilih nagari QR Code. Kemudian pilih pembayaran dengan kode QR. Lalu pindai QR kode berlogo QRIS yang ada di merchant.

Masukan nominal pembayaran dan konfirmasi pembayaran. Setelah itu masukan pin Nagari mobile banking dan transaksi selesai.